• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Madrasah se Kabupaten Agam Bantu Korban Rohingnya Melalui PKPU Bukittinggi

13 September
20:22 2017
0 Votes (0)

KBRN, Agam: Sekolah Madrasyah se kabupaten Agam memberikan bantuan peduli Untuk Korban Kemanusiaan yang menimpa umat muslim di Rohingya Myanmar. 

Penyerahan bantuan ini dilakukan melalui kerja sama antara lembaga pendidikan Madrasah se kabupaten Agam dengan PKPU Bukittinggi,  yang didukung oleh Kementrian Agama Kabupaten Agam.

Bantuan ini diterima langsung oleh Zulfamiadi  selaku Kepala Cabang PKPU Bukittinggi di Kantor Kemenag Kabupaten Agam, di Belakang Balok Kota Bukittinggi, Rabu (13/9/2017).

Thamrin dari Lembaga Pendidikan Madrasyah se Kabupaten Agam, menyatakan Konflik di Rohingya Myanmar yang menjadi sorotan dunia saat ini membuat semua lapisan masyarakat serta organisasi sosial sibuk untuk menyarukan bantuan kepada umat muslim yang terkena dampak di Rohingya tersebut, Konflik belum ada tanda-tanda akan berakhir dan menimbulkan krisis kemanusiaan terburuk disana.

"Kita mengikuti media masa bahwa saudara kita di sana ada masalah terjadi pengunsian besar besaran, tentu kita memiliki rasa keperdulian terhadap mereka,  kondisi yang dialami oleh saudara saudar kita itu, kita lihat dari kaca mata kemanuasian dimana saja,  manusia ini mempunyai hak untuk hidup, secara tenang, dan damai,” ulasnya.

Maka untuk itu sambung Tamrin, kita tergerak  melakukan perhatian  simpati kita terhadap mereka disana, dan dimanan orang tergerak untuk melakukan sesuatu dan dalam hal ini semua sudut, sekarang ini melakukan penggalangan dana untuk umat di Rohingya di sana.

Tamrin yang juga Kepala Seksi Pendidikan Madrasyah yang membawahi madrasah se Kabupaten Agam, sebelumnya telah menyampaikan ke kawan kawan melaluinya pesan WhatsApp mengajak menggalang dana untuk Rohingya dari Madrasah se Kabupaten Agam.

“Seluruhnya menjawab siap, Madrasah sekabupaten agam cukup prihatin terhadap  rohingya dan melakukan penggalangan dana Cuma lebih kurang satu minggu, 70 dari 114 lembaga pendidikan madrasyah yang berada di kab. Agam tersebut  dana terkumpul sebesar Rp51.875.000," jelasnya.

Bantuan disalurkan Lewat PKPU ini juga berdasarkan konfirmasi dari kawan kawan di WA group, dana yang sudah terkumpul berdasarkan musyawarah maka kita pilih PKPU untuk menyalurkannya ujarnya.

"Kita dari lembaga pendidikan madrasyah sekabupaten agam berharap kedepannya masalah yang terjadi di Rohingya ini cepat terselesaikan  dan tidak berimbas terhadap persoalan persoalan lain, bisa dilihat dimaslah politik, agama , dan sekali gus pelajaran Negara lain khususnya Indonesia persoalan kemanusiaan ini tidak hanya persoalan kita akan tetapi menjadi persoalan dunia lain," jelasnya.

Sementara itu Ketua PKPU Bukittinggi Zulfamiadi, mengatakan untuk Merespons bencana kemanusiaan di Myanmar, PKPU Human Initiative akan menyalurkan berbagai bantuan, diantaranya distribusi makanan bagi orang dewasa dan balita, serta kebutuhan lainnya yang dianggap perlu.

"Bencana musibah yang melanda saudara kita disana tersebut adalah, efek pertama diantaranya  pengungsian, masalah pengunsian mereka tidak punya tempat tinggal, dan juga maslah yang terjadi adalah  persoalan air, kesehatan, dan bisa juga pelecehan seksual dan lainnya," ujarnya.

Jadi disini PKPU nantik akan meliahat dilokasi apa yang meras betul yang di perlukan disana, ini pusat menentukan dana ini kita kirim langsung kepusat,  dan juga lokasi tempat memberikan bantuan PKPU selalu membuat Videonya yang mana bisa nantik di akses via online

"Terima kasih kepada semua sekolah yang tergabung ke dalam lembaga pendidikan Madrasah se Kabupaten Agam baik swasta maupun pemerintah  atas bantuannya. PKPU Bukittinggi  yang dipercayakan sebagai mitra penyaluran akan maksimal memberikan bantuan yang membutuhkan,” ungkapnya.

Zulfamiadi  mengucapkan terima kasih atas bantuan dari lembaga pendidikan sekabupaten Agam. Bantuan yang didapatkan akan disalurkan PKPU Bukittinggi  ke daerah Rohingya Myanmar  yang membutuhkan bantuan, dan semoga hal ini dapat meringankan beban saudara kita disana dan bagi kita yang telah menyumbangkan dananya menjadi ladang amal. (YPA/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00