• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BMKG: Sejumlah Wilayah di Jawa, Bali dan NTT Tak Hujan 2 Bulan

13 September
09:14 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sejumlah wilayah di Jawa, Bali dan NTT tidak hujan dalam kurun waktu beberapa bulan.

Menurut Kabag Humas BMKG Hari Tirto Jatmiko, di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara pada bulan ini merupakan puncak kemarau.

"Yang perlu diketahui masyarakat bahwa pola kita berbeda-beda tiap daerah. Khusus bagian selatan sebagian besar di Jawa, Bali, Nusa Tenggara itu masih kategori puncak kemarau. Bulan Maret lalu kita merilis tahun ini kemarau di sejumlah wilayah masih normal," kata Hari, Rabu (13/9/2017).

Yang harus diperhatikan masyarakat, jelasnya, karakteristik kemarau di tiap daerah berbeda-beda.

"Ketersediaan air kita dalam tanah itu bisa dikategorikan untuk  wilayah Jawa. Di pulau Jawa ada daerah yang lebih 60 hari berturut-turut tidak hujan. Di Pandeglang, Purwakarta dan di ada di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur serta Bangkalan termasuk wilayah yang lama tidak hujan," terangnya.  

Di NTT, ungkapnya,  per akhir Agustus sudah 150 hari yang tidak turun hujan, dan itu mempengaruhi ketersediaan air.

"Hujan baru akan terjadi Oktober dan November. Jadi awal musim penghujan akan melanda di sejumlah wilayah di Indonesia," pungkasnya. (Mon/SAS/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00