• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Perayaan Grebeg Suro 2017 dan Festival Nasional Reyog ke-25 Resmi Dimulai

12 September
23:52 2017
1 Votes (3)

KBRN, Ponorogo : Perayaan Grebeg Suro 2017 Kabupaten Ponorogo, Festival Nasional Reyog Ponorogo ke-25, Festival Reyog Mini ke-15 dan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Ponorogo, berlangsung meriah, Selasa (12/9/2017) malam. Pembukaan ditandai dengan penyerahan pecut atau cemeti kepada salah satu penari Reyog, yang diwakili oleh ikon atau tokoh Klonosewandono.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jika perayaan dilakukan terpisah, yakni Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog dilakukan pada jelang bulan Muharram, adapun Hari Jadi Kabupaten Ponorogo serta Festival Reyog Mini dilakukan pada bulan Agustus, namun karena waktunya berdekatan maka dilakukan secara bersamaan.

Bupati Ponorogo, Ipong Mukhlisoni saat membuka perayaan, mengaku saat ini kesadaran masyarakat untuk terus melestarikan budaya Reyog semakin tinggi. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah peserta Festival Reyog Mini yang kebanyakan diikuti oleh usia anak dan remaja. Artinya pengkaderan seni Reyog terus berjalan, dan pemerintah daerah akan terus mensupport dan melakukan pembinaan, di antaranya dengan memberikan bantuan dana.

Lebih lanjut Bupati Ipong juga menegaskan, saat ini upaya mendaftarkan Seni Reyog ke Badan Internasional, termasuk PBB, sebagai warisan Budaya asli Ponorogo, terus dilakukan.

"Jangan takut Reyog Ponorogo diklaim Malaysia lagi. Kita terus berupaya melakukan promosi dan mendaftarkan ke PBB, bahwa Reyog adalah Warisan Budaya Asli Indonesia, yaitu dari Ponorogo," tegas Bupati Ipong.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata sekaligus Ketua Panitia Grebeg Suro, Sapto Djatmiko mengakui bahwa Festival Nasional Reyog Ponorogo merupakan salah satu dari 100 festival terbaik di Indonesia.

"Ini menjadi perhatian bagi Kementerian Pariwisata, bahwa Ponorogo sudah masuk sebagai daerah Cagar Budaya," terang Sapto.

Perayaan Grebeg Suro 2017, Hari jadi Ponorogo ke-521 dan Festival Reyog akan berlangsung hingga 21 September mendatang. Sajian sendra tari, karawitan, pertunjukan Reyog dan pesta kembang api mewarnai Pembukaan Grebeg Suro 2017, Festival Reyog Nasional ke-25 dan Hari Jadi Ponorogo ke-521 serta Festival Reyog Mini kali  ini.

Terdapat puluhan perwakilan grup Reyog dari dalam dan luar Ponorogo. Acara juga dihadiri sejumlah pejabat dan kepala daerah dari Bakorwil  atau wilayah eks Karesidenan Madiun. Meskipun panitia Telah menyiapkan 5.000 kursi undangan, namun ribuan masyarakat Ponorogo memenuhi Alun-Alun Ponorogo di luar Area Panggung Utama. (YAF/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00