• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Menpora Lepas Kontingen NPC Indonesia Menuju Asian Para Games Malaysia

12 September
16:52 2017
0 Votes (0)

KBRN Solo : Kontingen National Paralimpic Comitee (NPC) Indonesia resmi diberangkatkan ke Malaysia untuk menghadapi ajang ASEAN Para Games (APG) 2017, mulai 17 hingga 23 September mendatang.

Upacara pelepasan di hotel Dewangsa Solo itu dilakukan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, Selasa (12/9/2017). 

Chief de Mission (CDM)NPC Indonesia Bayu Rahardian mengatakan, pada olahraga multi ivent tingkat Asia Tenggara khusus bagi atlet penyandang disabilitas itu kontingen Garuda Nusantara mengirimkan 196 atlet, 53 pelatih dan 19 ofisial.

“Ya, kontingen kita akan bertanding di 11 cabang olahraga yakni, atletik, angkat berat, bulu tangkis, catur, goalball, sepak bola Cerebral Palsy (CP), panahan, tenis meja, renang, ten pin bowling dan voli duduk,” ungkap Bayu Rahardian saat memberikan laporannya.

Menpora Imam Nahrowi optimis para atlet NPC Indonesia akan meraih prestasi terbaik. Apalagi persiapan yang dilakukan juga cukup panjang dengan menggelar training center TC di Kota Solo selama 8 bulan harus membuahkan hasil maksimal. 

“Kami berharap peluang yang ada di depan mata harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Segala kemungkinan bisa saja terjadi, seperti target awal perak, karena kesungguhan atlet dalam bertanding akhirnya dapat medali emas, begitu juga sebaliknya,” ungkap Menpora.

Kami optimis para atlet akan terpacu melihat prestasi kontingen Indonesia pada Sea Games Malaysia yang hanya mampu berada di urutan lima besar atau gagal meraih target.

“Semoga target juara umum dapat tercapai untuk mengobati kekecewaan pada Sea GaMes lalu,” tandas Imam.

Sementara itu Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun optimistis mampu meraih juara umum setelah kali terakhir APG Myanmar 2013 silam. 

Sebanyak 113 medali emas menjadi incaran paralimpian Merah Putih di Negeri Jiran untuk mengunci status tertinggi. 

“Untuk membidik juara uum, beberapa cabang olahraga (cabor) yang ditargetkan sebagai lumbung emas antara lain, atletik dan renang, angkat berat, tenis meja dan bulutangkis,” kata Senny.

Pihaknya sudah melakukan kalkulasi semua atlet berpeluang mempersembahkan medalai emas. 

“Kami berharap, pada saat pertandingan semuanya akan berjalan lancar, fair play tidak lagi terjadi kecurangan terutama yang dilakukan tuanruah Malaysia  seperti halnya pada Sea Games beberepa waktu lalu,“ tandas Imam.

Kontingen NPC Indonesia akan bertolak menuju Malaysia pada hari Rabu (13/9/2017) dari Bandar Internasional Adi Sumarmo Solo menggunakan pesawat carter Garuda. (Edwi/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00