• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Jumlah Penari Saman Membengkak Jadi Lebih 12 Ribu

13 August
11:15 2017
0 Votes (0)

KBRN, Blangkejeren : Jumlah penari Saman massal yang di helat di lapangan Seribu Bukit, Gayo Lues, membludak jadi 12.662 penari dari sebelumnya panitia memprediksi 10.001 orang.

Jumlah ini merupakan pemecahan Rekor MURI yang pernah ada dalam perhelatan Tari Saman sebelumnya.

Dalam paparan nya, Bupati Gayo Lues H. Ibnu Hasyim menjelaskan, jumlah peserta yang hadir dalam Tari Saman ini di luar prediksi panitia. Terlebih sebelumnya Tari Saman yang menelan milyaran anggaran daerah itu, sempat mendapat penolakan dari beberapa pihak.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutannya mengapresiasi kebijakan pemerintah dan dukungan masyarakat Gayo Lues yang turut serta melestarikan seni Saman tradisional.

Di lokasi terpantau ribuan pengunjung juga sudah mulai menyesaki tribun sejak pagi tadi.

Gubernur Irwandi Yusuf juga sudah tiba di Gayo Lues. Pesawat pribadi Hokagata Hanakaru juga sempat beberapa kali memutar di atas lapangan seribu bukit. Hiruk pikuk peserta dan masyarakat yang hadir juga kentara melambaikan tangan.

Turut hadir dalam acara itu Dr. Ir. Pamuji Lestari (Asisten Deputi Urusan Warisan Budaya Kementerian Koordinator PMK RI). Drs. Wijanarko Setyawan, Msc (Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Kawasan Strategis Dan Khusus Kemenko PMK RI). Haris Djayati (Kepala Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman Kemenko PMK RI). Gauran Mancacarita Dipura (Staf Analisis dan Substansi Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK/Perwakilan Penilai Dari Unesco). Dr. Ir. Moon Cahyadi (Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Khusus Kemenko PMK RI). Panca Dewi Setyarini (Kasubid Pemukiman dan Transmigrasi Kemenko PMK RI), dan ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsha. (Muhammad/Sn/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00