• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Bangka Siapkan Basis Peternakan Sapi dengan Program 'Upsus Siwab'

13 August
08:34 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bakam : Pemerintah Kabupaten Bangka menyiapkan basis peternakan sapi untuk mewujudkan swasembada pangan dan menyukseskan upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab). Terkait itu, bantuan 46 ekor sapi gaduh di antaranya diserahkan kepada Dusun Paket Tiga Desa Tiang Tara, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, yang diharapkan dapat menjadi modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman mengungkapkan, penyerahan sapi gaduh ini telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir dengan sistem Siskasi, merupakan  sistem integrasi sapi dan sawit, sistem integrasi karet dan sapi, sistem intergasi padi dan  sapi, yang merupakan sumber pakan bagi sapi.

"Kita telah menyerahkan sapi ini untuk wilayah paket, tahun 2015 ada 17 ekor, tahun 2016 ada sepuluh ekor, dan tahun 2017 ada 20 ekor. Kemarin Sabtu diserahkan sapi gaduh di Desa Tiang Tara, sedtelah itu akan diserahkan kepada Paket Makmur sebanyak 9 ekor. Total sapi gaduhan kita untuk wilayah Kecamatan Bakam sebanyak 75 ekor sapi," kata Kemas Arfani Rahman, dalam rilis Pemkab Bangka, Minggu (13/8/2017).

Sementara itu, Bupati Bangka Tarmizi Saat menjelaskan, penyerahan sapi gaduh ini selain mendukung pertanian yang tangguh, juga untuk mewujudkan swasembada pangan dan mensukseskan upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab).

"Jadi sapi yang kita serahkan ini, ada jantan dan betina, pada betinanya wajib bunting, karena adanya upaya khusus sapi indukan wajib bunting atau Upsus Siwab itu," terangnya.

Selain itu juga, mantan Sekda Kabupaten Bangka ini berharap, dengan adanya bantuan sapi gaduh ini, diharapkan masyarakat dapat mengembangbiakannya, sehingga dapat menghasilkan banyak dan dapat digulirkan kepada yang lain.

"Kita ingin membantu petani dan peternak kita, karena disini masyarakatnya dapat beternak sapi, dan dapat dikembangbiakkan sehingga menghasilkan sapi yang banyak dan bisa digulirkan kepada kelompok yang lain," harap bupati.

Menerima bantuan bantuan sapi gaduh bagi warganya, Kepala Desa Tiang Tara, Dial berharap desanya menjadi basis peternakan sapi karena itu kedepan pihaknya akan melakukan kerjasama dengan PT. Gemilang Cahaya Mentari (GCM) agar limbah dari pabrik tersebut bisa dijadikan pakan ternak, sehingga bisa dimanfaatkan dari segi ekonomi dan lainnya.

“Adanya bantuan sapi gaduh ini, diharapkan masyarakat lebih giat lagi dalam memelihara dan merawat sehingga sapi-sapi tersebut dapat melahirkan sapi-sapi yang berkualitas,” harap Dial. (Lutfi/LG/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00