• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Pemkab Buleleng Konsisten Gelar Lomba Gerak Jalan 45 KM Serangkain HUT Kemerdekaan RI

12 August
22:43 2017
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Lomba gerak jalan 45 kilometer dewasa putra dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72, Sabtu (12/8/2017) dilepas Wakil Bupati Nyoman Sutjidra tepat pukul 21.00 wita di Lapangan Sepak Bola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Ketua pelaksana lomba I Gusti Lanang Agung Parwata dalam laporannya menyampaikan, peserta lomba gerak jalan 45 kilometer dewasa putra tahun 2017 ini sebanyak 48 regu, meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 41 regu di tahun 2015 dan 39 regu pada tahun 2016.

Keempat puluh delapan regu peserta tahun ini dibagi menjadi dua kategori, yakni sebanyak 13 regu peserta kategori SMA/perguruan tinggi serta 35 regu dari kategori badan, dinas/kantor dan organisasi pemuda/karang taruna, dengan total jarak tempuh 39,4 km melalui 3 etape, ditempuh dalam waktu 7 jam 14 menit.

Bupati Putu Agus Suradnyana dalam sambutan tertulis dibacakan Wabup Nyoman Sutjidra menyatakan, hingga tahun ini Pemkab Buleleng konsisten melaksanakan lomba gerak jalan 45 kilometer dewasa putra, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari pengamalan nilai-nilai perjuangan dengan semangat dan jiwa 45. Oleh karena itu, melalui lomba gerak jalan ini kita tanamkan rasa nasionalisme, jiwa patriotisme, nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda, agar mampu meneruskan cita-cita para pahlawan kita," ungkapnya.

Bupati dalam sambutannya menambahkan, hal terpenting dari penyelenggaran lomba gerak jalan ini adalah membangun mental dan karakter generasi muda yang kuat dan tangguh sehingga menjadi harapan masa depan bangsa dan negara, sesuai dengan tema penyelenggaraan lomba yang sama dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 "Indonesia Kerja Bersama". 

Adapun rute yang ditempuh dalam lomba gerak jalan tersebut, dibagi menjadi tiga etape yakni etape pertama dengan jarak tempuh 14,8 km dari start di Desa Celukan Bawang sampai dengan Lapangan Umum Seririt. Dilanjutkan etape kedua dengan jarak tempuh 10,2 km dari Lapangan Umum Seririt sampai dengan Patung Lumba-Lumba Pantai Lovina.

Etape ketiga, start dari Pantai Lovina Desa Kalibukbuk menuju Desa Celuk Buluh - Desa Tukadmungga - Desa Pemaron - Jln. Ahmad Yani - belok kanan menuju Jln. Sudirman - Jln. Pahlawan - Jln. Veteran - belok kiri menuju Jln. Gajah Mada - belok kiri menuju Jln. Dr Sutomo - Jln. Ahmad Yani - belok kiri menuju Jln. Kartini, belok kiri menuju Jln. Udayana dan finish di depan GOR Bhuwana Patra.

Adapun total hadiah yang diperebutkan dalam lomba gerak jalan 45 km dewasa putra tahun ini termasuk dana pembinaan, sebesar Rp295 juta. Bagi peserta di semua kategori, juara 1 mendapatkan hadiah Rp50 juta, juara 2 sebesar Rp30 juta dan Rp20 juta bagi juara ketiga.

Sedangkan bagi regu yang tidak mendapatkan juara, sepanjang tidak didiskuaifikasi dan mampu mencapai garis finish dengan jumlah peserta minimal 9 orang, akan diberikan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp2,5 juta. (SM)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00