• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Agam Optimalkan Program Agam Menyemai

12 August
20:31 2017
0 Votes (0)

KBRN, Agam : Untuk menwujudkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Agam terus mengoptimalkan program Agam Menyemai, yang dicanangkan Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, sejak tahun 2010 lalu.

Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah mengatakan program Agam Menyemai bukan hanya menanam berbagai jenis tanaman dan buah-buahan serta bibit ikan, tapi pada hakekatnya adalah menyemai kebaikan kepada masyarakat. 

“Program tersebut mendapat sambutan dan dukungan penuh dari masyarakat. Selain bibit yang dibagikan secara gratis, bibit tanaman, buah-buah dan ikan yang dibagi-bagikan memang sesuai dengan kehendak masyarakat,” jelasnya, Sabtu (12/8/2017).

Setiap dilaksanakan kegiatan turun ke lapangan seperti pelantikan pejabat dan kunjungan sejenisnya, Bupati Agam melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait selalu mmbagikan bibit untuk dimanfaatkan masyarakat. 

Menurut Indra Catri, pembagian bibit tanaman dan buah-buahan tujuannya selain dapat memenuhi kebutuhan rumahtangga masyarakat juga bertujuan mengurangi adanya lahan kosong atau lahan tidur. Begitu pula halnya dengan pembagian bibit ikan bertujuan agar masyarakat dapat kembali memfungsikan kolam (tabek) yang ada di sekitar pemukiman.

“Pada lahirnya menyemai berbagai bibit tanaman buah-buahan dan ikan, namun hakikatnya yaitu, menanam kebaikan untuk masyarakat, dengan wujud  program Agam menyemai,” ulasnya.

Indra Catri berharap, dengan maksimalknya program Agam menyemai ini, dapat memenuhi kebutuhan pasokan gizi keluarga serta bisa membantu perekonomian masyarakat , karena buah-buahan yang ditanam di pekarangan dapat dimanfaatkan untuk dinikmati keluarga. Sementara yang ditanam di kebun (parak) dapat dijula ke pasar untuk menopang ekonomi keluarga.

Bahkan bibit buah-buahan diupaakan yang lebih bermutu. Makanya kita sering memesan buah-buahan yang kualitasnya lebih baik dari daerah lain diserta pengolahan bibit dengna memanfaatkan tenaga profesional pada kebun pembibitan yang berlokasi di sampai rumah dinas bupati Agam di Lubuk Basung.

Indra Catri menambahkan, masyarakat yang tidak mendapat bagian saat bibit dibagikan ketika berlangsungnnya acara resmi seperti pelantikan pejabat, kunjungan tim safari Ramadhan dan lainnya, warga boleh datang kapan saja ke lokasi pembibitan di lokasi rumah dinas Bupati Agam. (YPA) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00