• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cetak Sawah Baru, Pemkab Agam Anggarkan Dana APBN Rp 1,136 Miliar

12 August
20:11 2017
0 Votes (0)

KBRN, Agam : Pemerintah Kabupaten Agam manfaatkan dana sebesar Rp 1,136 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menjalankan program cetak sawah baru seluas 71 hektar, di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara pada 2017. 

Kepala Bidang Pengelolaan Lahan Air dan Alat Mesin Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Agam Ing. Karyawan, mengatakan, setiap hektarnya menelan biaya Rp16 juta, dan program itu merupakan kerjasama pemerintah daerah dengan TNI, dan diswakelolakan langsung pada pihak TNI itu.

"Program ini merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Agam, dan sebelumnya sudah dilakukan pada 2016 seluas 59 hektar di dua lokasi, yaitu 19 hektar di Jorong I Siguhung, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, dan 40 hektar di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara," terangnya, Sabtu (12/8/2017).

Menurut Ing. Karyawan, untuk 2017 Pemkab Agam kembali melakukan cetak sawah baru seluas 71 hektar. Pekerjaan itu telah dimulai pada 28 Juli 2017. Ini merupakan lahan Kelompok Tani Mutiara Antokan, Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku Limo Jorong. 

Program cetak sawah kali ini berdekatan dengan cetak sawah yang lama, karena atas usulan dari masyarakat, sehingga dilanjutkan dengan Survey Investigasi Design dari Universitas Andalas (Unand) Padang.

"Lahan yang layak dijadikan cetak sawah baru, yaitu lahan terhindar dari zona merah, sumber air yang cukup, kemauan dan kemampuan masyarakat, lahan tidak bermasalah, dan tidak pernah pernah digarap, atau lahan non produktif," jelasnya.

Ing. Karyawan mengungkapkan, sesuai kontrak sebelumnya, cetak sawah ini selesai 31 Desember 2017, jika perlu sampai tertanam. Namun pihaknya mengharapkan Oktober 2017 sawah itu sudah siap dicetak, dan untuk penanaman  merupakan tanggung jawab petaninya.

"Dengan dilakukan percetakan sawah baru, diharapkan mampu meningkatkan produksi padi di Kabupaten Agam," harapnya. (YPA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00