• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tanamkan Jiwa Pancasila Dikalangan Generasi Milenial, Perlu Tindakan Nyata

12 August
20:04 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Budayawan dan Rohaniawan Romo Antonius Benny Susetyo mengatakan pengalaman Pancasila saat ini adalah menampilkan perbuatan yang nyata. Dikatakan Pancasilais adalah berprestasi karena Pancasila merupakan pedoman untuk arah bangsa.

“Sebenarnya persoalan saat ini adalah  Pancasila menjadi  gaya hidup. Dari situ berfikir, bernalar dan berlatih dengan menyentuh bagaimana menampilkan wajah Indonesia dengan penuh optimisme. Kalau ikon hebat dijadikan sesuatu yang nama karena anak muda kan harus ada bukti."

"Orang yang berprestasi, itu orang Pancasila. Orang tidak korupsi, itu Pancasila. Orang disiplin kerja, etos dan itu Pancasila,” kata Romo Benny dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Minggu (12/8/2017).

“Kalau Pancasila dihayati dalam hidup melalui tindakan dan perbuatan. Kalau membakar itu anti Pancasila, melanggar kemanusiaan. Pancasila dihayati dalam hidup. Semakin Pancasila membuat Indonesia semakin gemilang. Pancasila membantu kita menjadi arah yang jelas. Persoalan mendasar apa sih?. Pancasila bukan lagi seperti dulu tapi diekspresikan dan dihayati dalam kehidupan nyata,” tegasnya.

Menurut dia, untuk menanamkan kecintaan di jiwa generasi milenial maka perlu bukti konkret yang dapat dicontoh oleh generasi muda. Pancasilais adalah menghadirkan insan bangsa yang percaya diri, mengedepankan kecintaan terhadap bangsa, cinta terhadap produk dalam negeri, kreatif dan inovatif.

“Pancasila harus disandingkan dengan perbuatan. Dalam konteks generasi milenia, maka Pancasila harus mengikuti cara berfikir anak-anak muda. Bagaimana dihayati oleh generasi milenia. Semakin Pancasiliasi maka semakin keren. Pancasilais itu membuat orang memiliki prestasi gemilang, memiliki kebanggan sebagai warga negara yang memiliki prestasi,” tegasnya. (Sgd)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00