• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SIGAP POLRI

Karhutla Terus Berulang, Polisi Akan Periksa Kepala Desa

12 August
16:41 2017
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan bagi para kepala desa disejumlah daerah di Sumatera Selatan untuk dimintai keterangannya terkait masalah kabakaran hutan dan lahan yang terjadi diwilayah kerjanya.

Kabag Binlat Ops Ko Op Polda Sumatera Selatan, Kombes Pol Adi Herpaus, mengungkapkan, pemeriksaan dilakukan bukan dalam konteks penyelidikan kepala desa sebagai pelaku pembakaran, namun untuk melakukan pengembangan terhadap penyebab kebakaran hutan dan lahan yang terus terjadi.

Dalam keterangannya kepada wartawan Adi mengatakan, para kepala desa akan ditanyai seputar peran dan fungsinya didalam lahan yang terbakar, mengingat tanggungjawabnya sebagai aparat pemerintah yang memiliki tanggungjawab terhadap warganya.

‘Sesuai dengan tingkat kesaksiannya, Kades akan diperiksa bukan karena merekaterlibat tapi ditanayi apa fungsi dan perannya dalam lahan yang terbakar karena bila terjadi karhutla dia punya tanggungnjawab terhadap warganya,” ujar Adi, Sabtu (12/8/2017).

Menurut Adi, pihak kepolisian sebelumnya telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa kepala desa di Kabupaten Ogan Ilir yang diperiksa sebagai saksi terhadap kasus pembakaran lahan. Pihak kepolisian hingga saat ini telah menetapkan tiga tersangka kasus pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga.(RA/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00