• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Film Bumiku Karya Natasha Dematra Meriahkan Hari Konservasi Alam Nasional

11 August
19:59 2017
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Film musik "Bumiku" karya sutradara peraih rekor dunia sutradara perempuan termuda, Natasha Dematra akan diputar di Hari Konservasi Nasional 2017 di Gesibu Blambangan, Taman Nasional Blambangan, Banyuwangi.

Lagu ”Bumiku” merupakan kampanye lingkungan hidup dalam bentuk kreatif sekaligus soundtrack film dokumenter berjudul Siti Nurbaya Bakar: Srikandi Pembawa Perubahan yang disutradarai oleh ayah dari Natasha Dematra, Damien Dematra.

Hari Konservasi Nasional sendiri merupakan gerakan konservasi alam untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi alam, dan menumbuhkan peran publik dalam menyelamatkan keanekaragamanan hayati, kawasan konservasi dan lingkungan hidup. Sebelumnya, film musik “Bumiku” diputar di Taman Nasional Baluran pada tanggal 9 Agustus lalu. Film ini ditonton oleh lebih dari 300 peserta yang meliputi siswa-siswi SMA dan para tokoh masyarakat.

Perayaan Hari Konservasi Nasional ini dibuka oleh Menteri Kordinasi bidang Perekonomian Darmin Nasution bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H.E Herman Khaeron, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, dan para tokoh masyarakat dan peserta. Rangkaian acara ini berupa pelepasan satwa liar, pemberian piagam cagar biosfer, pemutaran film, pertunjukan musik dan seni, festival taman nasional, Jambore Nasional Konservasi Alam, Buyan Jungle Run, Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove, Sepeda Jelajah Nusantara, pengenalan wilayah konservasi taman nasional bersama masyarakat umum.

Natasha Dematra sendiri mengatakan bahwa,”Terus berkibarnya film ini di mancanegara dan dalam negeri semoga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat bahwa kampanye lewat hal kreatif pun dapat membuahkan hasil.”

Pada bulan November lalu, film musik "Bumiku" telah diputar dalam konferensi Perubahan Iklim PBB di Marrakech, Maroko. Sedangkan pada awal bulan Februari, International Independent Film Awards menganugerahkan penghargaan Medali Emas Soundtrack Terbaik kepada film yang diluncurkan pada bulan September 2016 di Manggala Wanabakti tersebut. Pada bulan Maret, film ini terpilih sebagai “Opening Film” di festival film di New York. Pada bulan Juni 2017, Silver Palm Award diraih untuk kategori Film Musik Terbaik di Mexico International Film Festival. (Rell/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00