• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pakar Maritim Ingin Menlu Retno Undang Pakar Laut dan Pantai untuk Bahas Perbatasan RI-Malaysia

11 August
15:56 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Pakar Kemaritiman, Rizal Rompas, menanggapi pertemuan bilateral Menlu RI, Retno Marsudi dan Menlu Malaysia, Dato’ Sri Anifah. Menurut Rizal jika pembahasan pertemuan tentang wilayah perbatasan, seharusnya kedua Menlu undang pakar kelautan dan pakar pantai agar kajian suatu kebijakan dapat sama-sama dilakukan.

"Darat dan laut itu selalu menjadi perhatian bangsa, darat kita bisa lihat patokan jalan dengan batu, namun kalau maritim ya terpaksa kita gunakan posisi dalam satelit. Indonesia itu negara kepulauan dan Malaysia itu negara pantai dan itu jelas berbeda. Kepulauan kita diakui oleh hukum internasional melalui UNCLOSS, jadi biar tidak salah ambil keputusan baiknya undang para pakar laut dan pantai agar betul-betul tuntas permasalahannya," kata Rizal dalam wawancara bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Sebelumnya sejumlah isu diperbincangkan dalam pertemuan kedua negara itu, selain isu  perkembangan terkini batas maritim dan darat, isu nelayan, tenaga kerja Indonesia, perdagangan dan investasi juga akan dibahas bersama.

Pertemuan joint commission for bilateral cooperation (JCBC) atau pertemuan kerjasama bilateral tahun ini bersamaan dengan ultah ke-60 hubungan diplomatik Malaysia-Indonesia. Selanjutnya perayaan puncak JCBC akan diselenggarakan di Kuching, Sarawak, Malaysia pada 22 November mendatang. (LS/Foto:Retno/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00