• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi Ajak ASEAN Ambil Pelajaran dari Brexit

11 August
13:03 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Peran dari organisasi sebesar ASEAN perlu terus ditingkatkan, guna menghadirkan rasa kenyamanan dan percaya dari komunitas dan rakyat ASEAN. Presiden Joko Widodo mengajak seluruh negara-negara anggota ASEAN untuk menjadikan ASEAN itu bermanfaat bagi rakyatnya. 

Dalam pidatonya di Kantor Sekretariat ASEAN pada Jumat (11/8/2017) Peringatan 50 tahun ASEAN, Presiden Jokowi mengatakan, diperlukan kerja keras dari sesama anggota ASEAN untuk menjaga keutuhan dan solidaritas di kawasan. Ia pun ingin agar ASEAN dapat pula mengambil pelajaran dari kasus Brexit (Keluarnya Inggris dari Uni Eropa), agar hal itu tidak terjadi pada ASEAN.  

"Apa yang terjadi dengan Brexit (British Exit from EU) perlu menjadi pembelajaran buat kita. Kita memang harus bekerja keras, agar rakyat ASEAN merasakan manfaat dari keberadaan ASEAN. Untuk itu, menjadi tugas kita bersama para penerus ASEAN Untuk tetap menjaga agar ASEAN bermanfaat bagi rakyat ASEAN," ujar Jokowi di ASEAN. 

Presiden Jokowi juga mengingatkan, bahwa ASEAN harus terus berkembang menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi dunia. Karena berdasarkan data World Economic Forum, ASEAN merupakan kekuatan ekonomi terbesar ke-6 di dunia, dan pada tahun 2020 akan menjadi kekuatan ekonomi kelima terbesar di dunia. Kemudian, pada tahun 2030 ASEAN akan tumbuh menjadi pasar keempat terbesar di dunia setelah Uni Eropa, Amerika Serikat dan RRT. (PR/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00