• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Jelang Turun ke Sawah, Ratusan Warga Seunuddon Gelar 'Khanduri Blang'

17 July
18:43 2017
3 Votes (4.3)

KBRN, Lhoksukon : Ratusan warga meliputi sejumlah desa di Kecamatan Seunuddon Aceh Utara, Senin (17/7/2017) menggelar do’a bersama jelang turun ke sawah di Desa Cot Kaferaton kawasan setempat.

Tokoh pemuda Bulkhaini mengatakan, do’a bersama tersebut merupakan serangkaian dari acara ‘Khanduri Blang’, yakni sebuah kenduri turun-temurun warga yang menyajikan masakan kuah daging kambing atau sapi di dalam wajan besar.

“Momen ini juga menjadi ajang silaturrahmi antar warga,” katanya.

Dalam ‘Khanduri Blang’, lanjut Bulkhaini, panitia penyelenggra menyembelih dua ekor sapi untuk ratusan warga dari sejumlah desa. Sementara warga yang ingin menikmatinya, sudah lebih dulu diinstruksikan arapatur desa masing-masing untuk membawa nasi guna dimakan bersamaan dengan kuah tersebut.

“Budaya ini dilangsungkan satu atau dua tahun sekali menjelang turun ke sawah. Kalau do’a bersama bertujuan agar Allah memberikan kami padi bebas dari hama dan hasil panennya melimpah,” tambah Ali, seorang warga setempat.

Pantaun RRI, warga memilki pos ‘Khanduri Blang’ sesuai desa masing-masing. Tepat siang hari, mereka duduk rapi agar pembagian santapan ‘Khanduri Blang’ berlangsung tertib. (Klis/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00