• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Yogyakarta Tuan Rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) 2017

17 July
18:05 2017
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Direktur Jenderal Pendidikan Menengah dan Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, didampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mewakili Gubernur DIY Sultan HB X, Senin (17/7/2017) secara resmi membuka Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) ke-48 di Yogyakarta. 

Dalam sambutannya yang dibacakan Wagub DIY Paku Alam X, Gubernur Sultan HB X menyambut hangat kedatangan seluruh delegasi dari berbagai negara di Yogyakarta. “Saya mengucapkan selamat datang di Yogyakarta kepada seluruh adik-adik peserta International Psysics Olympiad atau IPhO 2017. Semoga suasana kota Yogyakarta yang kental akan atmosfer pendidikan dan kebudayaan dapat membuat saudara sekalian nyaman, sehingga dapat mengikuti seluruh agenda kegiatan dengan sebaik-baiknya,” kata Paku Alam X. 

Sementara di sela-sela rehat siang, Juru Bicara Tim Indonesia mengenalkan nama-nama anggotanya serta persiapan menghadapi kompetisi dunia tersebut. 

“Nama saya Gerry dari Jakarta  dan juga ada temen-temen dari berbagai daerah di Indonesia. Persiapan kali ini kita melakukan simulasi seperti tes teori, tes eksperimen sama halnya seperti mau melakukan tes sebenarnya yang dilaksanakan selama 3 bulan dengan tempat yang berbeda-beda. Kita juga berlatih dengan soal, dan dilatih mandiri juga dan mencari sumber-sumber lain yang kemungkinan nanti keluar dalam tes yang sebenarnya,” paparnya. 

International Psysics Olympiad (IphO) 2017 digelar dari tanggal 17-23 Juli di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. IPhO adalah ajang olimpiade sains tertua dan terbesar setelah olimpiade matematika yang mempertandingkan bidang fisika untuk siswa SMA.

Olimpiade Internasional ini diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 395 siswa dari 86 negara dari berbagai benua, seperti Amerika, Eropa, Timur Tengah, Asia dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. (BY/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00