• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Orang Tua Murid Tunggui Anaknya Belajar di Gugus Sekolah Sultan Hasanudin Cimahi

17 July
18:03 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Suasana hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru 2017/2018 di Kota Cimahi khususnya disekolah dasar menjadi ajang berkumpulnya para orang tua siswa yang menunggui anaknya.

Menurut pantauan RRI di Kompleks Gugus Sekolah Sultan Hasanudin Jalan Encep Katawirya Citeureup Cimahi Senin (17/7/2017), ratusan kaum ibu terlihat dengan sabar menunggui putra-putri mereka yang baru tercatat sebagai siswa kelas 1.

Di komplek gugus sekolah tersebut, ada 5 sekolah dasar negeri masing-masing SD Negeri Mawar, Cempaka, Citeureup Mandiri 1, Citeureup 2 dan SD Negeri Citeureup 3.

Di SD Negeri Mawar, para siswa kelas 1 sudah masuk kelas sejak pukul 07.00 WIB dan kegiatan belajar mengajar diisi dengan silaturahmi saling berkenalan, bernyanyi dan bercerita.

Sementara siswa berada dikelas, para orang tua siswa terlihat bergerombol diluar kelas, diantaranya Yayang 36 tahub warga Kampung Babakan Muncang RT.01/RW.11 Citeurup yang mengaku sedang menungguin anaknya Muhammad Devan.

"Ya, saya nungguin Devan sampai tiga hari, sesuai kata gurunya boleh tetapi hanya 3 hari. Setelah Devan saya antarjeput saja," ujarnya.

Sementara itu, saat upacara gabungan Senin pagi Kepala SD Citeureup 3 Dadan selaku koordinator Gugus Sekolah Sultan Hasanudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan anaknya menimba ilmu di sekolah tersebut.

Namun demikian, Dadan berharap kerja sama dari semua orang tua siswa, agar tidak terus menunggui putra-putrinya karena hal itu bisa mengganggu proses belajar mengajar di sekolah.

"Untuk minggu pertama pihak sekolah masih memberi kelonggaran namun setelah itu orang tua siswa tidak diperkenankan berada didalam lingkungan sekolah," ujarnya tegas.

Berbeda dengan sekolah dasar, hari pertama belajar bagi siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri Cimahi, diawali dengan kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang bila disekolah umum disebut masa pengenalan lingkungan sekolah.

Kepala MAN 1 Cimahi Eelis Nurhasanah kepada RRI menjelaskan, pelaksanaan Matsama itu dilaksanakan merujuk petunjuk teknis peraturan Dirjen Pendis Kemenag tahun 2016 dan masih berlaku hingga tahun ajaran 2017-2018.

"Masa Ta'aruf di Man Cimahi dilakukan selama 3 hari sampai 19 Juli 2017, mulai pukul 06.30 WIB hingga selesai 16.30 WIB," jelas Euis.

Selama masa Ta'aruf, kata Euis, para siswa baru memdapat berbagai materi pemahaman dan cara pembelajaran di madarasah dan pembiasaan sholat dhuha, tadarus dan bersih-bersih lingkungan.

Selain dari madrasah, selama masa ta'aruf para siswa juga akan mendapatkan materi khusus diantaranya tentang NKRI, bahaya radikalisme, pergaulan bebas, narkoba, LGBT dan sebagainya yang disampaikan oleh Kapolres Cimahi. (AH/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00