• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Orang Tua Diminta Mengenali Lingkungan Sekolah

17 July
16:58 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Orang tua diminta untuk aktif mengenali lingkungan sekolah putra-putrinya.  Permintaan itu disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ari Santoso seiring dengan dimulainya tahun ajaran baru pada 17 Juli 2017.

“Orang tua mengantar agar tidak melepas begitu saja agar orang tua mengenal sekolah. Disini perlu pengenalan meskipun nanti sentralnya ada di pihak guru,” kata Ari Santoso, dalam perbincangan dengan Radio Republik Indonesia, Senin (17/7/2017).

Orang tua memiliki tanggung jawab pendidikan dan pembentukan karakter anak-anaknya meskipun anak berada di lingkungan sekolah. Ari berharap dengan orang tua mengenal lingkungan sekolah, termasuk mengenal pengajar, diharapkan terbangun komunikasi yang harmonis antara orang tua dengan guru.

“Pengenalan ini tidak hanya untuk siswa tetapi orang tua supaya komunikasi terjadi antara orang tua dengan guru. Kalau ada apa-apa, tidak salah persepsi dan saling menyalahkan,” tegasnya.

Adapun upaya dari kementerian untuk mencegah perpeloncoan, kekerasan terhadap siswa baru di lingkungan sekolah, dia meminta agar pihak kepala sekolah dan guru memperhatikan kaidah yang tertuang didalam Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Nomor 82 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Kekerasan di sekolah.

“Kami mohon di cermati agar kepala sekolah dan tenaga pendidik melakukan semua kaidah yang diatur. Penting untuk pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru. Bagaimanapun anak kita mengenal lebih baik bahwa sekolah adakah bagian kehidupan mereka seperti rumah kedua mereka agar mereka nyaman belajar di sekolah,” ujarnya. (Sgd/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00