• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2017

Menag: Persiapan Haji Mendekati Final

17 July
15:36 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Perisapan haji ada dua ditanah air dan ditanah suci. Berbagai persiapan ditanah suci hotel, tenda, katering juga transprotasi, sudah mendekati final. Relatif seluruhnya dengan baik

"Hotel sudah dikontrak seluruhnya, termasuk cadangannya, katering sudah, begitu transportasi dari Jedah Madinah, maupun di Mekah, termasuk bus Shalawat semuanya sudah siap," ungkap Lukman Hakim Saifuddin disela pembekalan Media Centre Haji di kantor Kemenag RI, Senin (17/6/2017).

Terkait tenda bagi jemaah haji, Menteri Lukman menyebut ada pembenahan, bahkan pada tahun ini pemerintah menyediakan tenda di Arofah dari bahan yang lebih kokoh, anti api dan anti air.

"Baru tahun ini, pertama kali pemerintah menyediakan di Arofah selama ini bahan dari parasut mapun terpal, sekarang sudah dirubah jauh kokoh bahan anti api dan anti air," urainya.

Sekarang ini lanjut Menag tinggal persiapan di tanah air, termasuk kesiapan di 13 embarkasih. Fokusnya dokumen penyelenggaraan pasport dan visa.

"Pasport informasi kemarin 80 persen  mendekati final sudah selesai, secara bertahap diselesaikan, prioriritas gelombang pertama," terangnya.

Sedangkan masalah visa merupakan wewenang pemerintah Arab Saudi. Untuk mendapatkan Visa kata Menteri Agama dibutuhkan kelengkapan data dari jemaah haji. Apabila kurang lengkap maka proses pemberkasan visa juga akan lama

"Visa wewenang Arab Saudi, yang mendapatkan visa yaitu dokumen jemaah yang sudah lengkap. Informasi jemaah dalam satu paket sehingga pemerintah Arab Saudi mengeluarkan Visa, dalam sehari bisa belasan ribu visa dikeluarkan selama data lengkap," paparnya. (BH/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00