• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Inisiator, Megawati Tandatangani Prasasti UU SJSN

17 July
12:57 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri menandatangani prasasti Undang-Undang (UU) Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Senin (17/7/2017). Prasasti UU SJSN itu sebagai apresiasi pada kontribusi Megawati terhadap terwujudnya Program Jaminan Sosial bagi masyarakat Indonesia. 

Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional Nomor 40 Tahun 2004 dikeluarkan pada saat pemerintahan Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri. Aturan itu kemudian dikuatkan oleh Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nomor 24 Tahun 2011, sehingga lahirlah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Pada saat saya mau mengeluarkan UU SJSN ini banyak orang yang menertawakan saya, itu kan hanya pencitraan. Saya bilang biarin saja. La wong saya melakukannya demi rakyat saya, demi bangsa ini."

"Menurut saya, SJSN itu penting, sebagai payung untuk jaminan sosial rakyat Indonesia," tandas Megawati pada sambutannya usai menandatangani prasasti UU SJSN pada kegiatan  Sarasehan Nasional dan Hari Ulang Tahun BPJS Kesehatan ke-49 di Jakarta.

Megawati mengatakan keinginan terkuat yang mendorongnya untuk mengeluarkan UU tersebut karena melihat kesulitan yang dihadapi rakyat Indonesia pada saat sakit dan memerlukan pelayanan kesehatan. Menurutnya, banyak rakyat Indonesia yang memiliki keterbatasan ekonomi, terpaksa menahan deritanya karena tidak memiliki biaya untuk berobat.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan prasasti UU SJSN itu untuk mengingatkan bangsa Indonesia akan sejarah cikal bakal berdirinya BPJS Kesehatan yang mengelola JKN-KIS.   

Fachmi Idris juga secara khusus menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarno Putri yang menjadi inisiator lahirnya UU SJSN Tahun 2004.

"Sungguh besar kontribusi beliau dalam ikhtiar mewujudkan cita-cita bangsa, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. UU SJSN ini juga menjadi tonggak lahirnya BPJS Kesehatan,” ucapnya. 

Selain Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri, hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf, serta mitra kerja BPJS Kesehatan.

Dalam saresehan tersebut juga diberikan Piagam MURI kepada BPJS Kesehatan atas pemecahan rekor sebagai institusi yang mengunggah Video Blog terbanyak yang bertemakan Hari Kelahiran Pancasila. (DS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00