• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kelas Satu di SDN Sukosari Madiun Hanya Diisi 3 Siswa

17 July
09:04 2017
1 Votes (5)

KBRN, Madiun : Hari pertama masuk sekolah, pagu siswa di SD Negeri Sukosari Kota Madiun Jawa Timur tidak terpenuhi. Idealnya satu rombongan belajar (rombel)  diisi 28 siswa, saat ini kelas satu hanya tiga siswa. Ketiga siswa baru tersebut yakni Hafis Said Ramadhan (6), Vellysa Putri Ramadhani (7), keduanya berasal dari Kelurahan Tawangrejo sedangkan Sheyla Novita Ardiany Jatmiko (7) asal Sukosari.

Kepala SDN Sukosari, Nurseha membenarkan jumlah siswa kelas satu di sekolahnya tidak ideal. Hal ini disebabkan beberapa faktor, satu diantaranya usia anak sekolah yang berada di lingkugan SDN Sukosari sangat minim.

"Sukosari itu kan wilayahnya sempit, sebelah barat itu terpotong rel sehingga mau nyebrang juga kesulitan. Mungkin itu yang menjadi faktornya," ungkap Nurseha, Senin (17/7/2017).

Lebih lanjut dikatakannya, jauh hari pihak sekolah sudah melakukan berbagai upaya maksimal untuk menarik minat siswa. Sosialisasi ke tingkat sekolah taman kanak-kanak (TK), koordinasi dengan pihak kelurahan hingga door to door juga sudah dilakukan.

"Ya hasilnya seperti ini," katanya.

Nurseha menjelaskan, hari pertama masuk sekolah, siswa baru tidak langsung mendapat pelajaran di dalam kelas, tetapi  masih masa pengenalan lingkungan (mapenaling). Mereka diajak keliling  lingkungan sekolah bersama siswa kelas 2 hingga kelas 6 dan guru. Kegiatan mapenaling dilaksanakan tiga hari, Senin(17/7/2017) hingga Rabu (19/7/2017). Sementara kegiatan efektif kegiatan belajar mengajar dilaksanakan mulai Kamis (20/7/2017).

Dijelaskan, siswa di SDN Sukosari secara keseluruhan berjumlah 54 siswa terinci Kelas 1 ada 3 siswa, kelas 2 ada 4 siswa. Kelas 3 13 siswa. Kelas 4 ada 6 siswa, kelas 5 12 siswa dan Kelas 6 ada 16 siswa. (EW/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00