• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Status Tanggap Darurat di Babel Berlaku Tiga Hari

17 July
06:51 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan mengatakan status tanggap darurat banjir di Babel akan diberlakukan hingga tiga hari kedepan tergantung kondisi cuaca. Menurut Erzaldi BMKG setempat memprediksi Babel akan terus diguyur hujan disertai petir hingga satu minggu kedepan, untuk itu dijelaskan Erzaldi pihaknya sudah bersiap mengantisipasi bencana banjir.

"Pulau Bangka dan Belitung itu kan terpisah, jadi tim kami sudah menyebar ke beberapa titik untuk membantu mulai dari memperbaiki jembatan putus hingga memberikan kebutuhan makan pokok bagi korban banjir karena situasi tanggap darurat kan berlaku tiga hari namun kita lihat cuca juga kalau hujan terus ya kita selalu siap," terang Erzaldi dalam wawancara bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Erzaldi menambahkan ia dan timnya akan fokus dalam evakuasi korban dan pemenuhan kebutuhan korban, untuk jumlah total rumah yang rusak belum dapat disebutkan.

"Kita fokus pada penanganan korban dulu, mendirikan dapur umum juga menjadi prioritas kami," katanya. 

Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (14/7/2017) hingga Minggu (16/7/2017) di wilayah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung telah mengakibatkan ribuan rumah di Belitung dan Belitung Timur terendam banjir hingga ketinggian 1-2 meter.

Di Belitung Timur, banjir melanda tujuh kecamatan. Yaitu Kecamatan Simpang, Renggiang, Kepala Kampit, Dendang, Damar, Gantung dan Manggar.

Banjir di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timu juga merusak jalan, jembatan dan infrastruktur jaringan listrik milik PLN. (LS/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00