• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Kompleks Masjid Al-Aqsa Kembali Dibuka

16 July
15:58 2017
1 Votes (5)

KBRN, Yerusalem : Israel pada hari Minggu (16/7/2017) mengizinkan kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem dibuka kembali setelah ditutup dua hari usai terjadi baku tembak mematikan.

Dalam pernyataan menjelang keberangkatannya ke Paris pada Sabtu malam (15/7/2017), Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa dia telah memerintahkan detektor logam dipasang di gerbang masjid sebagai bagian tindakan pengamanan terbaru di tempat suci, yang juga disucikan orang-orang Yahudi.

"Kami juga akan memasang kamera pengaman di tiang di luar Mount Temple tapi yang memberikan kontrol hampir sepenuhnya atas apa yang terjadi di sana. Saya putuskan bahwa sampai besok, dalam kerangka kebijakan kami untuk mempertahankan status quo, kami akan secara bertahap membuka Temple Mount, namun dengan langkah pengamanan yang meningkat," katanya, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Masjid tersebut ditutup dan shalat Jumat dibatalkan untuk pertama kalinya sejak Israel menduduki Yerusalem timur pada tahun 1967, setelah terjadi baku tembak di dalam kompleks tersebut pada hari Jumat pagi, menewaskan dua petugas polisi Israel dan tiga penyerang yang diduga warga Palestina.

Firas Dibs, juru bicara Wakaf Islam yang mengelola situs tersebut, mengonfirmasi laporan bahwa para pekerja dari kota Yerusalem yang dikontrol Israel telah memasuki lokasi tersebut pada hari Minggu pagi untuk membersihkannya sebelum kemudian dibuka kembali.

Wakaf mengatakan bahwa polisi telah menyita kunci mesjid tersebut dan puluhan petugas telah ditempatkan di luar masjid utama.

Juru bicara kepolisian Micky Rosenfeld mengatakan situs suci tersebut akan dibuka kembali untuk kunjungan reguler umat Islam, Yahudi, dan turis mulai Minggu sore ini. (NGH/Anadolu Agency)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00