• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Korsel Siapkan Pembicaraan Militer dengan Korut

16 July
14:55 2017
0 Votes (0)

KBRN, Seoul : Korea Selatan kemungkinan akan mengusulkan perundingan militer antar-Korea pada awal minggu ini untuk menindaklanjuti tawaran Presiden Korsel Moon Jae-in untuk menghentikan semua tindakan permusuhan di perbatasan, kata seorang pejabat pemerintah di Seoul pada hari Minggu (16/7/2017).

Kementerian Unifikasi, pertahanan, dan kementerian terkait lainnya sedang mendiskusikan rencana tersebut sehari setelah Pyongyang bereaksi terhadap usulan Moon, menurut pejabat yang meminta tidak disebutkan namanya, seperti dikutip dari Yonhap News Agency.

Selama pidatonya di Berlin pada tanggal 6 Juli, Moon mengemukakan visinya untuk membawa perdamaian ke Semenanjung Korea, termasuk sebuah proposal untuk saling menghentikan tindakan permusuhan di sepanjang perbatasan karena pada 27 Juli mendatang menjadi peringatan perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri tiga tahun Perang Korea pada tahun 1953.

Dia juga menawarkan untuk mengadakan reuni keluarga terpisah yang dirusak oleh perang pada 4 Oktober, saat libur Cheosok dan peringatan KTT kedua antar Korea ke-10.

Rodong Sinmun, surat kabar resmi partai penguasa di Korea Utara, mengeluarkan sebuah komentar pribadi pada hari Sabtu (15/7/2017), bahwa "beruntung" Moon memasukkan komitmennya pada deklarasi bersama yang ditandatangani saat KTT antar-Korea di tahun 2000 dan 2007. Kedua deklarasi tersebut bertujuan mendorong kerja sama lintas batas, pertukaran, dan rekonsiliasi.

Surat kabar tersebut menekankan bahwa langkah pertama untuk memperbaiki hubungan harus menjadi penyelesaian isu mendasar konfrontasi militer. (NGH/Yonhap News Agency)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00