• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Peneliti Kembangkan Konsep Perancangan Transistor Baru Murah dan Hemat Energi

15 July
17:43 2017
0 Votes (0)

KBRN, Hamburg: Transistor, seperti yang digunakan di miliaran chip komputer, saat ini berbasis pada bahan tipe semikonduktor, umumnya silikon. 

Seiring tuntutan kebutuhan chip komputer untuk laptop, tablet dan smartphone yang terus meningkat, kemungkinan-kemungkinan baru tengah dicari untuk bisa memproduksinya dengan harga murah, hemat energi, dan fleksibel. 

Kelompok yang dipimpin Dr. Christian Klinke berhasil memproduksi transistor berdasarkan prinsip yang sama sekali berbeda, seperti dikutip dari Alpha Galileo, Sabtu (15/7/2017). 

Mereka menggunakan nanopartikel logam yang sangat kecil sehingga tidak lagi menunjukkan karakter metaliknya di bawah arus listrik tapi menunjukkan celah energi yang disebabkan oleh tolakan Coulomb di antara elektron satu sama lain. 

Melalui tegangan pengontrol, celah ini dapat digeser secara energetik dan arus listrik dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai keinginan. 

Nanopartikel-nanopartikel itu diendapkan sebagai film tipis dengan tinggi hanya satu lapisan nanopartikel. Dengan menggunakan metode ini, karakteristik listrik perangkat menjadi dapat disesuaikan dan hampir identik.

Transistor Coulomb ini memiliki keunggulan utama yang membuat aplikasi ini menarik untuk aplikasi komersial: Sintesis logam nanopartikel dengan kimia koloid sangat terkontrol dan terukur. Ini menyediakan nanokristal-nanokristal sangat kecil yang dapat disimpan dalam pelarut dan mudah untuk diproses. Metode pengendapan Langmuir-Blodgett menyediakan film monolayered berkualitas tinggi dan juga dapat diimplementasikan pada skala industri. 

Oleh karena itu, pendekatan ini memungkinkan penggunaan metode litografi standar untuk perancangan komponen dan integrasi ke sirkuit listrik, yang membuat perangkat menjadi murah, fleksibel, dan kompatibel dengan industri. 

Transistor yang dihasilkan menunjukkan perilaku switching lebih dari 90% dan berfungsi sampai suhu kamar. Akibatnya, transistor menjadi murah dan chip komputer dengan konsumsi daya yang rendah akan dimungkinkan di masa depan. 

"Yang menarik secara ilmiah adalah partikel logam mewarisi sifat seperti semikonduktor karena ukurannya yang kecil. Tentu saja masih banyak penelitian yang harus dilakukan, namun karya kami menunjukkan bahwa ada alternatif konsep transistor tradisional yang dapat digunakan di masa depan di berbagai bidang aplikasi," kata Christian Klinke. (NGH/Alpha Galileo/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00