• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Cina Kecam Indonesia Soal Penamaan Laut Natuna Utara

15 July
15:11 2017
0 Votes (0)

KBRN, Beijing: Kementerian Luar Negeri Cina pada hari Jumat (14/7/2017) mengatakan, penggunaan nama Laut Natuna Utara pada sebagian Laut Cina Selatan adalah "tidak kondusif" dan sama sekali tidak masuk akal.

"Laut Cina Selatan mengacu pada zona geografis yang jelas, yang telah diakui dan diterima secara luas oleh masyarakat internasional. Perubahan nama tersebut tidak kondusif bagi upaya standardisasi internasional atas nama tempat," kata juru bicara untuk Kementerian Luar Negeri Cina Geng Shuang pada sebuah konferensi pers harian pada hari Jumat, seperti dikutip dari Ecns, Sabtu (15/7/2017).

Indonesia telah merilis peta resmi baru yang mengganti nama zona ekonomi eksklusif Laut Cina Selatan sebagai Laut Natuna Utara.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno di kantor Kemenko Kemaritiman mengatakan bahwa wilayah zona ekonomi utara merupakan lokasi kegiatan minyak dan gas. Dia mengatakan ingin "memperbarui" penamaan laut dan memberi nama baru sesuai dengan praktik yang biasa dilakukan.

Geng mengatakan, Cina berharap negara-negara terkait dapat bekerja sama dengan Cina untuk mencapai tujuan bersama dan bersama-sama membangun situasi kondusif di tengah kerumitan di Laut Cina Selatan. (NGH/Ecns/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00