• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Presiden Jokowi Hadiri Puncak Parade 1.001 Kuda dan Festival Tenun Ikat di Pulau Sumba

12 July
16:22 2017
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadari puncak penyelenggaraan Festival Kuda Sandelwood 1.001 Kuda dan Festival Tenun Ikat di Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017).

Presiden Jokowi berpesan, Kuda Sandelwood merupakan salah potensi wisata yang terus dikembangkan, dan dipromosikan ke dunia luar.

Kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Iriana Jokowi di Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Barat Daya mendapat sambutan secara adat dan meriah masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Dihadapan ribuan masyarakat Nusa Tenggara Timur, maupun wisatawan Lokal, Domestik dan Manca Negara, Presiden Jokowi menyampaikan, masyarakat Indonesia termasuk di Nusa Tenggara Timur harus bersyukur kepada Tuhan, karena telah diberi keindahan alam, kekayaan budaya yang menjadi keunikan, dibandingkan dengan Bangsa-Bangsa lain di dunia.

Oleh karena itu, kekayaan dan keindahan alam dan budaya yang dimiliki harus dikelola dengan  baik, terutama dari sektor pariwisata untuk dijual ke dunia luar.

“Kita bersyukur sebagai Bangsa yang telah diberi karunia oleh Tuhan, atas keindahan alam, atas kekayaan budaya yang menjadi keunikan kita dibandingkan dengan Bangsa-Bangsa lainnya di dunia. Dan itu artinya bahwa, kita harus memelihara dan menjaganya dengan baik. Oleh karena itu, perlu kita kelola dengan baik dan perlu kita tampilkan dan menjadi sebuah unggulan keindahan jika dibangdingkan dengan Bangsa-Bangsa lain di dunia, terutama dibidang pariwisata,” tegas Presiden Jokowi, pada saat memberi sambutan di Sumba Barat Daya, Rabu (12/7/2017).

Lebih lanjut Presiden Jokowi berpasan, agar potensi-potensi alam dan budaya yang dimiliki bangsa ini, termasuk di Nusa Tenggara Timur harus dijaga dan dilestarikan.

Perlu ada promosi yang terus menerus, agar dunia luar bisa menikmatinya dan membaya perubahan ekonomi bagi masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Jelamu Ardu Marius yang dihubungi RRI mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi di Pulau Sumba menjadi motifasi bagi Pemerintah NTT terus membangun ekonomi masyarakat disektor pariwista.

“Kehadiran Bapak Presiden dan Ibu Negara dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja pada hari ini di Tambolaka, ini merupakan salah satu pengakuan Kepala Negara atas kekayaan periwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Timur. Dan tentu kehadiran beliau memotifasi dan mendorong Pemerintah Provinsi dan Kabupaten-Kota se-Nusa Tenggara Timur untuk membangun daerah ini dengan spirit yang sama yaitu, kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas sesuai spirit Bapak Presiden yaitu, kerja, kerja dan kerja,” ujar Kadis Pariwisata NTT, Jelamu Ardu Marius.

Kadis Pariwisata NTT juga mengatakan, pada kesempatan kehadiran Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi bersama sejumlah Menteri berpesan, agar semua destinasi wisata dan ekonomi kreatif di NTT khususnya di Daratan Pulau Sumba, harus disentuh dengan inofasi-inofasi dan kreatifitas, menjadi unggulan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Usai menghadiri puncak Penyelenggaraan Festival Tenun Ikat dan Parade 1.001 Kuda Sandelwood di Pulau Sumba, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Presiden R.I Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja bertolak ke Kota Makasar, guna menghadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional. (AT/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00