• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Badung Tampilkan Kesenian Gambuh “Kelana Carang Nagapuspa”

16 June
15:19 2017
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Kabupaten Badung menampilkan kesenian gambuh khas Mengwi bertajuk “Kelana Carang Nagapuspa” di Kalangan Angsoka Taman Budaya Denpasar, Jumat (16/6/2017). Kesenian klasik yang mulai jarang dipentaskan tersebut menceritakan perjuangan Raden Panji Amalat dari Kerajaan Jenggala saat mempersunting permaisuri Diah Ratna Merta dari kerajaan Daha.

Koordinator seniman, Ida Bagus Anom mengatakan, pementasan gambuh yang ditampilkan itu bertujuan untuk membangkitkan kembali kesenian gambuh yang saat ini mulai meredup dan jarang dipentaskan. Sebagian besar seniman muda beranggapan mementaskan gambuh sebagai kesenian kuno dan ketinggalan zaman. Selain itu minimnya pakar-pakar gambuh untuk membina seniman muda juga membuat pengembangan kesenian itu sedikit terhambat.

“Selain melestarikan budaya, ini juga bertujuan agar seniman muda mencintai kesenian gambuh ini. Saat ini banyak seniman tidak mau dan tidak berani mementaskan kesenian ini karena merasa ketinggalan, sehingga di Badung hampir punah gambuhnya, padahal dulunya di wilayah Mengwi menjadi pusat gambuh,” ujarnya

Ida Bagus Anom lebih lanjut mengatakan, pengembangan dan pelestarian gambuh penting dilaksanakan, karena kesenian tersebut merupakan dasar dari tarian lain. Sebelum mempelajari jenis tarian klasik atau modern, semestinya seniman muda terlebih dahulu menguasai tari gambuh, sehingga pakem-pakem berkesenian tidak luntur. (NPN/AKS)

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Agus K Supono

    Redaktur Puspem

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00