• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Topeng Bondres Inovatif Menghibur Penonton PKB

16 June
15:11 2017
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Parade Topeng Bondres Inovasi persembahan Komunitas Seni dan Budaya Tugek Carangsari Duta Kabupaten Badung berhasil memancing gelak tawa para penonton Pesta Kesenian Bali (PKB), Jumat (16/6/2017).

Koordinator seniman Gusti Ngurah Artawan mengatakan dalam PKB tahun ini duta Badung sengaja menampilkan nuansa berbeda. Kesenian Bondres yang ditampilkan mengambil judul Bali Is Never Die mengisahkan komitmen generasi muda Bali menjaga air sebagai sumber kehidupan sesuai dengan tema PKB Ulun Danu. Seniman yang dilibatkan sebagian besar generasi muda, sekaligus mendorong perkembangan kesenian bondres di wilayah Badung.

“Kami menampilkan Topeng Bondres inovatif. Dari segi ceritanya tidak memakai babad atau cerita yang ada di buku, tetapi ini memakai cerita kekinian yang berkembang di masyarakat. Kemudian dari segi topeng, kami juga menampilkan tokoh baru yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Ditanya perhatian pemerintah terhadap seniman, menurut Gusti Ngurah Artawan bagi Badung yang merupakan kabupaten terkaya di Bali masalah anggaran bukan persoalan utama. Hanya saja yang perlu dilakukan saat ini  menyosialisasikan bidang seni dengan gencar untuk menjaring dan mendorong minat generasi muda agar mau berkesenian. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, secara tidak langsung membuat semangat berkesenian menjadi luntur. Oleh karena itu melalui pementasan bondres inovatif diharapkan dapat membangkitkan kesenian bondres di Bali khususnya di kabupaten Badung. (NPN/AKS)

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Agus K Supono

    Redaktur Puspem

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00