• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Bulan Ini, Ada Festival Danau Sentani di Papua

13 June
14:17 2017
0 Votes (0)

"Tanah Papua Tanah Yang Kaya
Surga Kecil Jatuh Ke Bumi

Seluas Tanah Sebanyak Batu
Adalah Harta Harapan..."

KBRN, Jakarta: Lyrik lagu "Aku Papua" ciptaan (Alm) Frangky Sahilatua ini punya arti sendiri bagi orang Papua.  Untuk mengeksplore kembali keelokan pariwisata Papua yang semakin membaik dan semakin cantik Festival Danau Sentani (FDS) 2017 kembali digelar.

Festival Danau Sentani akan berlangsung di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua pada tanggal 19-23 Juni 2017 mendatang. 

Ini adalah penyelenggaraan festival budaya ke-10 tahun. Tidak hanya untuk meningkatkan kunjungan turis ke Sentani dan Papua, festival juga digelar  dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat.

FDS 2017 sebagai festival tahunan sudah masuk dalam calender of event pariwisata nasional. Tahun ini,  pelaksanaannya akan dimeriahkan dengan tarian adat di atas perahu dan tarian perang khas Papua.

Panitya juga menjanjikan akan menggelar upacara adat penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua sebagai bagian dari nilai- seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani yang terus dikembangkan.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara yang diwakili oleh Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Raseno Arya mengatakan  penyelenggaraan festival budaya FDS ini mempunyai peran penting sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan nilai - seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang ada di sekitar Danau Sentani melalui kegiatan pariwisata. 

“Pariwisata memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. Kegiatan FDS 2017 diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Raseno Arya di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Dalam jumpa wartawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayapura, Chris Kores Tokoro mengatakan, aksesibilitas ke Danau Sentani relatif mudah karena didukung dengan fasilitas Bandara Internasional Sentani yang dapat didarati pesawat berbadan lebar, 

“Untuk amenitas, Sentani memiliki akomodasi 27 hotel bintang dengan 1.851 kamar dan 151 hotel non-bintang sebanyak 3.371 kamar semua siap menerima kunjungan wisatawan,” kata Chris Kores Tokoro.

Chris Kores Tokoro mengatakan, penyelenggaraan FDS 2017 kali ini mengusung tema ‘Satu Dalam Keanekaragaman Meraih Kejayaan (One in Diversity Achieve Greatness)’. 

Tema  ini dimaksudkan untuk menghilangkan perbedaan antar suku dan menjadikan masyarakat yang sejahtera.  Pesan dari tema tersebut mengandung arti, hakekat masyarakat yang berbudaya adalah hakekat yang semakin mensejahterakan hidup itu sendiri.  Mengembangkan dan melestarikan budaya berarti pula mengembangkan kesejahteraan. (BP/AKS)

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalist Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Agus K Supono

    Redaktur Puspem

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00