• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tolak Kenaikan TDL, Mahasiswa Bukittinggi Demo ke Kantor DPRD

19 May
21:59 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi: Ratusan Mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bukittinggi, Jum’at (19/5/2017), sore menggelar aksi demo menolak rencana pemerintah menaikkan Tarif Dasar Listik (TDL) di halaman kantor DPRD setempat.

Disamping itu dalam orasinya Mahasiswa ini juga meminta tegakan demokrasi, wujudkan supremasi hukum, stop politisasi, dan intervensi terhadap agama, serta stop represif aparat terhadap aktivis kampus.

Ketua orasi demo Iqbal Fernanwinata, mengatakan demo ini di gelar atas ketidakpuasan mahasiswa tentang kebijakan yang diambil oleh Pemerintah, sehingga setiap kebijakan yang di ambil selalu menimbulkan kesengsaraan bagi masyarakat kalangan bawah.

“Aksi demo mahasiswa ini juga sebagai perwakilan masyarakat menyampaikan tuntutan kepada anggota DPRD Bukittinggi, diwarnai dengan atraksi, nyayian, coret-coret badan, hingga membawa pagar dari kayu, dan tandu yang ditutupi kain hitam,” ulasnya.

Menurut Iqbal Fernanwinata, demo ini merupakan aksi damai, hanya sebagai suatu permintaan lima poin kepada anggota DPRD supaya ditindak lanjut dalam 7 hari kedepan, apabila permintaan aksi demo gabungan tidak ada balasan dari pemerintah, mahasiswa akan melakukan aksi demo dengan jumlah yang lebih banyak.

Ketua Komisi Tiga DPRD Bukittinggi Rusdy Nurman menanggapi serius, dan mendukung dari aksi demo mahasiswa Bukittinggi, akan melaporkan kepada pemerintah, atas inspirasi mahasiswa, dengan itu juga melakukan menurut proses yang tertentu untuk mendapatkan jawaban atas aksi demo itu.

"Saya menanggapi atas penyampaian mahasiswa, dan mendukung atas anspirasinya, kami akan melaporkan permintaan dan keluhan kepada pemerintah, dengan proedur yang ditentukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Dalam pengamanan aksi demo mahasiswa ini  pihak Polres juga menurunkan Polwan, begitu juga tim dari Dinas Perhubungan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, dengan jumlah personil keseluruhan 100 orang, sementara dari aksi demo mahasiswa itu tercatat sebanyak 200 orang yang datang halaman parkir DPRD Bukittinggi. (YPA/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00