• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pelantikan Pengurus KNPI Kota Tidore Kepulauan 2017-2020

19 May
21:45 2017
1 Votes (5)

KBRN, Ternate: Kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan periode 2017 – 2020 akhirnya dilantik oleh Ketua KNPI DPD KNPI Provinsi Maluku Utara, Thamrin Ali Ibrahim di Pendopo Arena Budaya, Open Space Kelurahan Tomagoba,, Jum’at (19/5/2017) sore.

Acara pelantikan Ketua dan Pengurus KNPI dihadiri Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, Sultan Tidore, Mantan Bupati Halmahera Tengah yang juga Ketua KNPI Maluku periode 1997-2000, H. Hasan Doa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah Kepala SKPD lingkup pemerintah Kota Tidore Kepulauan, pengurus Organisasi Kepemudaan, tokoh masyarakat dan para pengurus KNPI Kota Tidore Kepulauan.

Dalam sambutannya, Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim mengatakan momentum pelantikan Pengurus KNPI harus menjadi wahana kepemudaan yang menantang arus perubahan yang menjanjikan harapan, sekaligus tantangan bagi para pemuda Tidore.

KNPI Kota Tidore Kepulauan perlu memperkokoh landasan pijak dan menata arah gerak Pemuda Kota Tidore Kepulauan, karena semua orang tahu banhwa semangat dan etos kerja pemuda-pemudi Kota Tidore Kepulauan telah teruji oleh sejarah. Jelas Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menambahkan bahwa persoalan pemuda yang saat ini dihadapi adalah menumbuhkan semangat wirausaha, atau pemuda yang berjiwa entrepreneur. Fenomena pemuda bangkit dan pemimpin muda yang terus bergulir saat ini harus dijemput, ditata dan diolah dengan baik, sehingga melahirkan pemuda yang kreatif, berdaya saing dan menjadi harapan bangsa.

Sultan Tidore, H. Husain Syah pada kesempatan ini dalam wejangannya berpesan agar seluruh jajaran KNPI harus mampu mengembalikan jati diri masyarakat Tidore sebagai bangsa yang besar dan terhormat.

Pemuda Tidore harus berdiri dan lebih percaya diri untuk sejajar dengan pemuda-pemuda lainnya di seluruh Indonesia bahwa para pemuda Tidore punya kemampuan dan cara berfikir yang sama hebantnya dengan pemuda-pemuda Indonesia di seluruh nusantara.

Dihadapan seluruh peserta yang hadir, Sultan juga menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan Provinsi Maluku Utara menjadi Provinsi dengan status Otonomi khusus seperti halnya Papua, Yogyakarta dan Aceh, yang memperoleh keistimewaan dari pemerintah pusat atas perannya kepada pemerintah Republik Indonesia. Karena Tidore juga memiliki peran penting terhadap NKRI yaitu memperjuangkan Papua masuk menjadi bagian dari Indonesia

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku Utara, Thamrin Ali Ibrahim mengingatkan kepada seluruh pengurus KNPI bahwa KNPI akan selalu menjaga netralitas politik. Apalagi saat ini Pilkada Gubernur Maluku Utara sudah semakin dekat. KNPI harus mampu menjaga diri untuk tidak terlibat aksi dukung-mendukung salah satu kandidat.

DPD KNPI Maluku Utara akan terus mengajak dan membuka ruang kepada para pemuda agar ikut ambil bagian dalam setiap proses pembangunan. Oleh karena itu KNPI Kota Tidore Kepulauan juga harus lebih berperan memberdayakan pada pemuda agar perannya semakin besar dalam membangun daerah ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KNPI Kota Tidore Kepulauan periode 2017-2020, Muhammad Abubakar mengajak kepada jajaran pengurus KNPI Kota Tidore Kepulauan untuk selalu berkomitmen dan konsisten menjalankan organisasi ini secara professional dan mendudukan organisasi KNPI di tempat yang terhormat serta disegani baik oleh anggotanya maupun stakeholder lainnya.

Peran pemuda yang dituntut KNPI dalam pembangunan adalah peran utuh untuk terlibat dalam proses perencanaan, kebijakan, pemberian konsep-konsep bagaimana membangun masyarakat sejahtera. Itu adalah peran pemuda yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah bersama DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan pembukaan Rapat Kerja Daerah KNPI dengan Tema “Padamu Negeri, KNPI Berbhakti”. Pelantikan pengurus ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan DPD KNPI Provinsi Maluku Utara Nomor : KEP-0010/DPD/KNPI-MU/III/2017 TENTANG Pengesahan Komposisi dan Personalia Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Tidore Kepulauan periode 2017-2020.

Pada pelantikan ini, Jabatan Ketua Muhammad Abubakar, Sekretaris Abdullah Jumati dan Bendahara Ratna Usman. Adapun para Wakil Ketua, Wakil Sekretaris dan Ketua-ketua Departemen yang dilantik masing-masing berjumlah 28 personil. Untuk jabatan MPI, Ketua Ade Yunus dan Sekretaris Anwar Bahtiar. (Opie/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00