• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

DPR Berharap Satgas Pangan Bekerja Setiap Saat

19 May
21:08 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi IV Firman Subagyo mengapresiasi dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Pangan.  Satgas  Pangan dibentuk untuk menstabilkan harga pangan menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 2017.

Satgas terdiri dari lintas kementerian, lembaga dan instansi terkait yang secara teknis mengawal komoditas pangan sehingga harga stabil. Upaya menjaga stabilitas harga merupakan komitmen dari Presiden Jokowi.

Hanya saja, politisi Partai Golkar itu berharap agar Satgas Pangan bekerja tidak hanya pada momentum hari raya keagamaan seperti bulan puasa, Idul Fitri dan Natal. Alasannya, mafia yang mengendalikan harga komoditas pangan, tidak hanya beroperasi saat hari raya keagamaan.

“Walau pun terlambat untuk pembentukan Satgas, saya memberikan apresiasi. Tetapi kalau bisa Satgas tidak hanya dilakukan menjelang hari besar seperti ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru tetapi harus dilakukan secara terus menerus karena pemantauan kami dari tahun ke tahun, mafia pangan luar biasa,” kata anggota Komisi IV Firman Subagyo, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Jumat (19/5/2017).

“Mafia kan terus jalan. Peaknya (Puncaknya) pada posisi bulan-bulan seperti hari raya. Sesungguhnya kalau melihat di lapangan, tanpa memandang apakah even besar atau kecil, itu bagian mafia yang sudah mengendalikan mafia pangan,” ujarnya.

Dia mendorong agar Satgas Pangan dapat tegas dalam menjatuhkan sanksi. Tidak hanya sanksi berupa pencabutan izin tetapi pelakunya juga dapat dijatuhkan sanksia pidana karena menurutnya telah melanggar tindak pidana ekonomi. Sanksi tegas agar ada efek jera. (Sgd/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00