• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Aparat Kemananan Akan Tindak Tegas Pembuat Kerusuhan di Pontianak

19 May
18:29 2017
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak: Sebanyak  2.900 personil dan sekitar 800 personil cadangan  siap mengamankan Pekan Gawai Dayak Ke-32  tahun 2017 dan Aksi  Damai di wilayah Hukum Polresta Pontianak Kota, Sabtu (21/5/2017). 

Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Iwan Imam Susilo  seusai memimpin Apel Kesiapan Pengamanan  Dalam Rangka Pekan Gawai Dayak Ke-32  tahun 2017 dan Aksi  Damai di wilayah Hukum Polresta Pontianak Kota, Jumat (20/5/2017) mengharapkan seluruh personil yang dilibatkan dapat mengamankan kegiatan  dengan baik dan tidak ada gejolak maupun persoalan di lapanga. Kombes Iwan Imam Susilo menegaskan pada prinsipnya aparat keamanan siap dan tetap akan mengedepankan upaya-upaya persuasif.

“Namun demikian kami  sudah sepakat bahwa kita akan tindak tegas bagi mereka yang mencoba  untuk melakukan atau membuat kerusuhan di kota Pontianak. Yang jelas kami tidak meremehkan, artinya bahwa kegiatan ini harus kita amankan dan masyarakat tidak perlu khawatir, tetap tetap tenang, bahwa  kegiatan Gawai  Dayak ini  juga merupaka suatu agenda tahunan yang kita harapkan ini dapat menarik wisata untuk dapat menyaksikan kegiatan ini. Dan kegiatan-kegiatan  aksi damai dalam rangka menyampaikan  pendapat di muka umum, ini juga akan kita berikan pelayanan dan pengamanan,” harapnya.

Kaploresta Pontianak Kota menyatakan pihaknya sudah mengantisipasi dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut dan  sepakat Pontianak harus aman. Untuk titik-titik krusial kami tempatkan aparat yang sudah  ploting mulai dari kegiatan Pawai Dayak di rumah Radank dan jalur-jalur pawai yang akan dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga  27 Mei 2017, termasuk Aksi damai yang akan dilaksanakan di  halaman Masjid  Raya Mujahidin  yang  kemudian meuju ke Polda Kalbar.

"Pengamanan ini juga didukung kendaraan taktis yang akan menurunkan AVC,  Baracuda, termasuk sekitar 250 pasukan kendaraan  bermotor dan dukungan Kodam  XII/Tanjungpura dan Kodim 1207/BS,”  jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Infanteri Jacky Ariestanto menyatakan   untuk pengamanan ini Kodam XII Tanjungpura Mem-BKO-kan  personilnya lebih dari 4.000 personil. Karena bukan hanya di kota Pontianak saja tetapi juga di seluruh Propinsi Kalimantan Bqarat dan Kalimantah Tengah. Khusus di  kota Pontianak berbagai satuan sudah di-BKO-kan  yang hampir 1.300 personil termasuk dengan Kendaraan Tempur (Ranpur) dan TNI tinggal menunggu arahan dan petunjuk dari Kapolda maupun Kapolresta Pontianak kota dan pihaknya siap melaksanakan tugas.

“Untuk internal kedalam  saya rasa tidak ada yang bermasalah, karena kami yakin TNI  dan Polri  netral dan tidak ada keberpihakan dan berdiri di tengah-tengah, karena dua-duannya adalah saudara semua,” tegasnya. (Hermanta/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00