• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Pekan Gawai Dayak Ke-32 untuk Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

14 May
16:35 2017
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak: Pekan Gawai Dayak (PGD) Ke-32 yang merupakan agenda tahunan masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat siap di gelar mulai tanggal 20 hingga 27 Mei 2017, dipusatkan di Rumah Radang, Pontianak. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalbar, Kartius di Pontianak, Sabtu (13/5/2017) malam mengatakan, PGD ke-32 ini merupakan salah satu pagelaran yang istimewa karena akan dihadiri banyak tamu dari manca negara.  

Kartius menjelaskan, yang sudah mengkonfirmasi kedatanganya yakni dari Malaysia, dari Suku Maori, New Zealand, dari Suku Indian dari Amerika Serikat.

Dijelaskannya,  berbagai atraksi dan perlombaan akan memeriahkan PGD ke-32, dan semua kegiatan perlombaan terbuka untuk umum, hanya pemilihan Bujang dan Dara saja yang tidak terbuka untuk umum.

Menurut Kartius, PGD tahun 2017 juga akan menggelar pameran karya seni dan produk unggulan daerah yang diikuti oleh sanggar-sanggar yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Kesenian Dayak (Sekberkesda), dan yang tidak pernah ketinggalan, yaitu stand warung yang menyajikan kuliner khas Dayak Kalimantan.   

Selain itu, berbagai acara yang akan memeriahkan pegelaran PGD ke-32, diantaranya lomba permainan rakyat yang terdiri lomba menyumpit, pangka gasing, enggrang, kemudian lomba seni rupa terdiri, melukis perisai, melukis kanvas, memahat/mematung, tato, menganyam manik.

Kartius berharap semua pihak mendukung secara aktif, sehingga PGD berjalan aman dan lancar, karena dengan pegelaran kesenian, budaya dan olahraga bisa memperekat persatuan dan kesatuan. (YY/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00