• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pasca Serangan Teror Paris Kamis Malam, Mike Pence Ajak Masyarakat Indonesia Perangi Aksi Terorisme

21 April
16:15 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Serangan teror Champs Elyesees, Perancis yang terjadi pada Kamis malam (20/4/2017), serta menewaskan 2 orang polisi turut menjadi perhatian wakil presiden Amerika Serikat, Mike Pence, dalam kunjungan kenegaraannya di Indonesia.

Mike Pence, mengatakan, masyarakat dunia saat ini kembali berduka dengan terulangnya serangan teror yang terjadi di Perancis, terlebih kejadian itu turut menyebabkan korban meninggal dunia.

“Saya menyampaikan salam hangat dari presiden Donald Trump bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebelum saya lanjutkan, ijinkan saya untuk menyampaikan serangan teror yang terjadi di Perancis kemarin. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa serangan teror bisa terjadi di mana saja dan kapan saja,”ujar Mike Pence saat memberikan sambutan disela-sela membuka Business Meeting, Jumat (21/4/2017) di Jakarta.

Menurut Pence, masyarakat dunia terutama Indonesia dan Amerika Serikat tidak boleh lengah terhadap ancaman aksi terorisme.

Pihaknyapun mengajak masyarakat dari kedua negara untuk meningkatkan kewaspadaan dan memerangi aksi terorisme tersebut.

“Tentu saja bagi masyarakat Indonesia misalnya tidak bisa percaya diri begitu saja, terhadap serangan teror seperti ini. Kami tidak akan berhenti berkomitmen mengakhiri aksi terorisme. Saya juga mengajak Anda semua untuk meningkatkan kerjasama melawan terorisme ditengah-tengah kehidupan kita,” tegas Mike Pence.

Sementara, pasca aksi teror yang diduga dilakukan oleh seorang pemuda berkewarganegaraan Belgia bernama Abu Yussef, presiden Perancis, Francois Hollande mengatakan kepada media lokal bahwa keamanan diperketat menjelang pemilu presiden 23 April mendatang.

Sedangkan, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu melalui kantor beritanya serta menyatakan Abu Yussef dari Belgia, dan menyebutnya “salah seorang pejuang ISIS".

Dibagian lain pada saat yang bersamaan ketika menghadiri “Business Meeting” di Jakarta, Mike Pence juga turut mengucapkan selamat hari Kartini bagi kaum perempuan Indonesia.

Ditambahkan Pence, dirinya merasa sangat terhormat dapat berada di Indonesia bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, Jumat, 21 April.

Bahkan, Pence juga memuji sosok Kartini yang menjadi simbol perubahan kaum perempuan Indonesia, untuk berani mengembangkan potensi diri mereka.

Sementara, Jumat siang setelah melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia sejak 19 April, Mike Pence langsung bertolak ke Australia untuk melanjutkan lawatannya. (RM/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00