• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mentan: Pemerintah Indonesia Tak Lagi Impor Jagung

21 April
16:17 2017
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyatakan, dua tahun terakhir, Pemerintah Indonesia tidak lagi mengimpor jagung dari luar negeri. Padahal, selama puluhan tahun pemerintah mengimpor sebanyak 3,6 juta ton hingga 4 juta ton jagung setiap tahun.

Hal tersebut diungkapkan Mentan, Andi Amran Sulaiman mengawali kunjungan kerjanya dengan melaunching pengiriman 10.000 ton jagung dari Pelabuhan Gorontalo ke Provinsi Banten, Jum’at (21/4/2017).

Dikatakan Andi, ketiadaan impor pangan khususnya jagung berkat intervensi yang dilakukan pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah menjamin ketersediaan komoditas pangan.

“Baru dua tahun terakhir ini, Indonesia menggegerkan dunia karena kita impor. Malaysia datang dua menterinya datang, dia bertanya, apa yang dilakukan Indonesia. Karena Malaysia hanya mengimpor 3 juta ton, kita 3,6-4 juta ton”.

“Kita sama-sama impor dari Argentina dan Amerika. Tapi tiba-tiba impor kita hilang, kita berhenti. Akhirnya kita mengajak menanam jagung di daerah perbatasan, sehingga nantinya di ekspor ke Malaysia. Mereka sudah siap menerima jagung dari Indonesia,” ungkap Mentan, Jum’at (21/4/2017).

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman juga mengapresiasi atas dukungan pemerintah di Provinsi Gorontalo dalam mendukung program Kementerian Pertanian menanam jagung di wilayah perbatasan. Bahkan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo sangat proaktif dalam mendukung upaya percepatan kemandirian pangan.

Menteri berjanji akan menambah bantuan bidang pertanian sebagai bentuk apresiasi atas kesungguhan pemerintah Provinsi Gorontalo dan pemerintah kabupaten/kota, dalam mendukung program pertanian. (BA/EW/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00