• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Resmikan Pasar Klewer, Jokowi: Pedagang Harus Ramah Agar tidak Kalah dari Mall

21 April
13:13 2017
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Klewer Solo, Jum'at (21/4/2017) siang. Peresmian mengambil momentum peringatan hari Kartini 21 April.

Peresmian Pasar sandang terbesar di Jawa Tengah itu di tandai dengan penandatanganan prasasti oleh presiden, yang didampingi menteri perdagangan Enggartiasto Lukita, dan wali kota FX. Hadi Rudyatmo.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, Pasar Klewer merupakan tempat khusus bagi masyarakat untuk belanja busana yang murah. Pasar yang terbakar akhir 2014 lalu itu menjadi ikon bagi warga Solo Raya.

"Pasar ini sudah punya tempat khusus di hati masyarakat karena salah satu ciri khas dan ikon Solo. Masyarakat tahu kalau mau belanja pakaian murah ya di Klewer tempatnya," kata mantan wali kota Solo itu.

Presiden ingin Pasar Klewer tidak kalah dengan mall dan pusat perbelanjaan yang semakin banyak di kota Bengawan. Kuncinya harus menjaga ciri khas sebagai pasar tradisional.

"Pedagang Klewer harus ramah, ciri khas tawar menawar harus dipertahankan. Keamanan juga dijaga, jangan sampai ada pembeli kecopetan," sambung presiden.

Untuk diketahui, pasar klewer terbakar akhir  2014 lalu. Pembangunan kembali pasar sandang terbesar di Jawa tengah ini dikerjakan bertahap sejak 2015 lalu. 

Tahap pertama Kemendag mengucurkan anggaran senilai Rp61,8 miliar pada 2015. Adapun paket proyek pekerjaan tahap I meliputi, struktur bangunan basement dan semi basement.

Sedangkan 2016, Kemendag mengucurkan anggaran Rp96 untuk penyelesaian pembangunan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. Namun dari pagu tersebut sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya Rp81 miliar.
Dengan paket pekerjaan merampungkan pembangunan lantai 1 dan lantai 2. (MI/AKS) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00