• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ahok Dituntut Satu Tahun Penjara

20 April
11:29 2017
2 Votes (3)

KBRN, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun penjara dalam perkara penistaan agama. Ucapan Ahok di Kepulauan Seribu terkait jangan mau dibohongi pakai surat Al Maidah ayat 51 mengandung unsur kebencian.

"Basuki T. Purnama dengan tuntutan penjara satu tahun dengan percobaan dua tahun," kata Jaksa Ali Mukartono dalam persidangan di Auditorium Kementerian Pertanian, Kamis (20/4/2017).

Berdasarkan keterangan saksi-saksi yang telah dihadirkan Jaksa Penuntut Umum diantaranya adalah Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, Habib Muhsin dan saksi-saksi lainnya mengungkapkan bahwa Ahok mengucapkan kata yang menghina Al Quran dan ulama.

Ali mengatakan tuntutan juga sudah didasari keterangan saksi-saksi yang dihadirkan dalam sidang dan pemeriksaan terhadap Ahok.

"Berdasarkan hasil dari pemeriksaan saksi dan pemeriksaan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Berdasarkan alat bukti. Tidak ada keberpihakan," ucapnya.

Dalam pembacaan tuntutan, jaksa juga menyampaikan permintaan maaf kepada pegawai Kementan dan pengguna jalan di sekitar Ragunan. Jaksa juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yang menjaga kelancaran sidang. Sidang akan dilanjutkan pada 25 April 2017 mendatang dengan agenda pembelaan terdakwa.

"Kepada pengguna jalan, kepada pegawai Kementan, kami ucapkan permintaan maaf atas terganggunya kenyamanan. Kepada aparat keamanan, kami ucapkan terima kasih telah menjaga kelancaran sidang," ujar Ali. (SAS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00