• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

DKPP: Pilkada Putaran Kedua DKI Banyak Langgar Kode Etik

20 April
08:06 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menilai pelaksanaan pilkada DKI Jakarta pada putaran kedua masih jauh dari nilai etika politik, karena ditemukan banyak terjadi politik uang dan sembako. 

“Kemarin kita lihat di Kantor Panwaslu Jakarta Pusat dan Jakarta Barat ratusan karung sembako yang siap edar diamankan menjadi barang bukti,” terang ketua DKPP,  Prof. Jimly Asshiddiqie, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya dengan masih banyaknya sembako yang disebarkan kepada pemilih, etika politik ditanah air dari tahun ketahun tidak semakin membaik. Sebab pembagian sembako sudah sering dilakukan pada abad kesembilan belas, Namun saat ini masih digunakan lagi.

“Sekarang kan sudah abad ke 21, tapi masih ada politik bagi-bagi sembako,”  imbuhnya.

Selain itu, DKPP menjumpai lebih dari 2.000 warga yang ada di rutan Salemba belum  bisa menggunakan hak pilihnya karena  tidak tercantum kedalam DPT, padahal sebelumnya sudah diajukan pada panitia penyelenggara.

“Jadi calonya harus berbenah dan panitianya juga harus berbenah,” ungkapnya.

Pada Pilkada DKI Putaran kedua, Rabu (19/4/2017), DKPP melakukan monitoring ke sejumlah lokasi. Diantaranya ke Kantor Panwas Jakarta Pusat, Kantor Panwas Jakarta Barat, Polsek Kalideres, termasuk dikantor DPC PPP Jakarta Selatan tempat penyimpanan sembako. (MR/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00