• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

"Kampung Pejabat" Destinasi Wisata Baru di Kota Banjarbaru

16 April
10:49 2017
3 Votes (5)

KBRN, Banjarbaru : Guna meningkatkan usaha masyarakat dan mendatangkan wisatawan, Pemerintah Kota Banjarbaru menggali dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki seperti menetapkan nama " Kampung Pejabat "

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani terus berusaha agar Kota Banjarbaru semakin berkembang maju. Untuk itu sejumlah kreasi dan inovasi dilakukan agar kota ini menjadi semakin bersih, indah, rapi dan menjadi salah satu tujuan wisata di Kalimantan Selatan. Hal itu ia sampaikan kepada media dan masyarakat dalam banyak pertemuan. 

"Kita berusaha menciptakan inovasi-inovasi dan kreasi agar Kota Banjarbaru semakin dikenal wisatawan di Indonesia dan bahkan dunia," ungkapnya penuh semangat. 

Ia juga menjelaskan di Banjarbaru ada Wisata Alam, seperti Danau Seran, Danau Cermin, dan Kampung Purun, serta Kampung Pejabat yang baru saja ditetapkan warganya di Loktabat. 

"Kampung Pejabat, bukan kampungnya para pejabat, tetapi singkatan dari Kampung Pengolah dan Penjual Jamu Loktabat, "ungkapnya. 

Menurutnya, di Kampung Pejabat hampir 100 persen warganya berusaha di bidang pengolahan dan penjualan jamu secara tradisional.  Kini kampung tersebut sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan lokal.  Karena tempatnya tertata rapi, bersih, dan indah, maka banyak warga yang suka berswafoto di Kampung Pejabat.

Sementara itu, Ketua RT. 06 RW 02  Tarmuji mengatakan usaha pengolahan jamu di Kelurahan Loktabat Selatan itu ia rintis bersama istrinya sejak tahun 1979, lama kelamaan warga di sekitar juga ikut menggeluti usaha ini, dan jumlahnya semakin bertambah, bahkan mencapai lebih dari 90 kepala keluarga. 

"Kami menata ulang komplek atau kawasan ini hingga diberi nama Kampung Pejabat. Kami usahakan tempatnya bersih, rapi, dan indah," jelasnya, Minggu(16/4/2017).

Berdasarkan pantauan langsung RRI di lokasi Kampung Pejabat, tampak suasana yang memang menarik. Di kiri dan kanan jalan berjejer sejumlah tanaman obat, ada yang ditanam di halaman ada pula yang ditanam di pot-pot. Selain itu juga ada lukisan-lukisan yang menggambarkan kebiasaan masyarakatnya dan juga hiasan payung dan bola bergelantungan di langit-langit.

Usaha masyarakat bersama warga Kota Banjarbaru ini mulai berhasil, sebab kini lokasi Kampung Pejabat menjadi Destinasi Wisata Baru di Kalimantan Selatan. (Syahminan Alfarisi/NGH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00