• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bondowoso Persiapkan Persyaratan Peroleh Sertifikat Organik Berstandar Internasional

21 March
05:53 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bondowoso : Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, hingga saat ini masih mempersiapkan syarat-syarat untuk mendapatkan sertifikat organik internasional dari Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) BIOCert.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Munandar, ada beberapa hal yang menjadi catatan Lembaga Sertifikasi Organik Biocert yang harus dipenuhi oleh Bondowoso, diantaranya ketersedian Rice Milling Unit, yaitu mesin penggilingan padi berstandar internasional.

“Kita masih terkendala infrastruktur yang belum berstandar internasional, diantaranya kita masih mempersiapkan gedung RMU, dan tahun ini sudah dialokasikan di APBD,” kata Kepala Dinas Munandar kepada RRI, Selasa (21/3/2017)

Selain gedung RMU, Disperta harus membenahi saluran irigasi berstandar internasional, yaitu aliran dari sumber mata air murni tanpa adanya cemaran. Saluran irigasi ini diperuntukkan untuk mengaliri lahan padi organik seluas 70 hektare, yang dipersiapkan untuk mendapatkan sertifikat organik internasional. Lahan ini ada di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari.

“Saluran irigasi kita juga harus dibenahi, jadi kita masih punya banyak pekerjaan rumah untuk mendapatkan sertifikat beras organik internasional,” ungkapnya.

Munandar tidak berani mentargetkan untuk bisa meraih sertifikat organik internasional, sebab anggaran untuk RMU masih dianggarkan tahun ini, belum lagi saluran irigasi yang harus dipersiapkan berstandar internasional.

“Kita upayakan secepatnya,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso sejak 2008 silam, telah mencanangkan program Bondowoso Pertanian Organik (Botanik), hingga saat ini sudah ada 128 hektare lahan organik yang memiliki sertifikat organik nasional dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloleman (LeSOS), 40 hektare diantaranya masih dalam proses sertifikasi nasional. (DA/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00