• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Wakil Ketua Komisi I Sebut Aturan Deposit Pembuatan Paspor Ngawur

20 March
20:51 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta :  Wakil Ketua Komisi I DPR-RI Hanafi Rais menilai kebijakan syarat membuat paspor dengan penyimpanan deposito hingga puluhan juta tidak masuk akal alias ngawur dan keblinger.

"Kalau diharuskan menyimpan deposit hingga 25 juta itu tentu keblinger dan gak masuk akal jelas keliru, karena pembuatan paspor itu sudah ada prosedurnya mulai dari pengajuan, data-data dipenuhi kemudian wawancara hingga foto itu sudah baik tidak perlu ada aturan deposit itu," tandasnya dalam wawancara bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Senin (20/3/2017).

Hanafi mengharapkan pihak imigrasi tidak lagi merencanakan kebijakan yang menyusahkan banyak orang.

"Kalau mau melakukan pencegahan human trafficking ya bukan hanya di Imigrasi saja kan, Kemenlu juga harus membantu dan ada pihak lain sebagainya gak usah buat kebijakan deposit 25 juta untuk cegah TKI illegal ini kan tidak masuk akal, yang ada nanti pungli jangan lagi imigrasi buat kebijakan yang membebani rakyat deh," jelasnya.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Imigrasi membenarkan pihaknya mengeluarkan aturan terkait penerbitan paspor baru. Aturan tersebut mewajibkan pemohon memiliki tabungan Rp 25 juta. Syarat tersebut tidak berlaku untuk semua pemohon. Syarat dikeluarkan untuk mencegah peredaran TKI ilegal

Namun kini pemerintah telah membatalkan persyaratan kepemilikan tabungan Rp 25 juta tersebut. (LS/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00