• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Aceh Barat Tingkatkan Populasi Ternak dengan IB

20 March
20:42 2017
0 Votes (0)

KBRN, Meulaboh : Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus mengupayakan peningkatan populasi ternak besar (sapi dan kerbau) dengan mengoptimalkan sistem Inseminasi Buatan (IB) kepada seluruh peternak di daerah itu.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Barat Said Mahjali, kepada RRI diruang kerjanya, Senin (20/3/2017) siang mengatakan saat ini pihaknya sedang mengencarkan upaya peningkatan populasi ternak dengan program Upaya Khusus Sapi/Kerbau Induk Wajib Bunting (Upsus SIWAB).

"Alhamdulillah Kabupaten Aceh Barat termasuk salah satu daerah yang dipercayakan pemerintah (Kementan RI) tahun ini melaksanakan program Upsus SIWAB dengan target yang ditetapkan secara nasional," katanya.

Program Upsus SIWAB tersebut untuk peningkatan produksi dan produktivitas daging melalui populasi jumlah ternak dan perbaikan genetik melalui perkawinan inseminasi buatan (IB).

Secara nasional program Upsus Siwab Kementrian Pertanian dengan target 4 juta ekor Akseptor IB, 3 juta ekor bunting, kemudian Provinsi Aceh ditargetkan memiliki 105.867 ekor Akseptor IB, 60.344 ekor bunting dan 6.500 ekor penanganan gangrep.

Said Mahjali menyebutkan, selama ini sebagian besar ternak besar sapi melakukan perkawinan secara alami, kondisi tersebut membuat fisik tubuh ternak kian kecil sehingga produktivitas daging semakin rendah.

"Dengan sistem ini kita harapkan populasi ternak dan produksi daging untuk kebutuhan pangan hewani masyarakat di Aceh Barat meningkat. Program ini kita laksanakan dengan suntikan dana APBN dan APBK," pungkasnya. (AY/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00