• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU DKI Diminta Kerja Keras Validasi Data Pemilih

20 March
20:13 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pengamat Politik Ubaydillah Badrun meminta Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) DKI Jakarta benar-benar menvalidasi data pemilih untuk pemilihan gubernur putaran kedua. Badrun menyayangkan pada putaran pertama banyak pemilih yang tidak dapat memilih hanya karena tidak terdaftar sebagai pemilih tetap, padahal pemilih sudah membawa kelengkapan persyaratan untuk memilih.

"Saya lihat persoalan data pemilih belum selesai, ini artinya validitas aturan main dalam Pilkada tidak berjalan dan ini membuat pemilih yang mau milih tidak dapat menjalankan hak pilihnya padahal sudah bawa surat keterangan memilihnya, e-KTP nya bahkan ada yang bawa KK sebagai bukti otentik dia tinggal di daerah itu," jelas Badrun dalam diskusi bersama televisi swasta di Jakarta, Senin (20/3/2017).

Selain itu Badrun berharap KPUD dapat menerima segala masukan warga DKI terhadap hak pilihnya. Jangan sampai banyak hak pilih yang terbuang hanya karena tidak terdaftar sebagai pemilih.

"Antusias memilih itu besar, dan harus dibarengi dengan validasi yang kuat dari data KPUD nya, ini harus benar-benar kerja keras, dan warga ibu kota harus diberi kesempatan menanggapi daftar pemilih yang telah disusun KPU," pungkasnya.

Saat ini KPUD DKI sedang menyusun daftar pemilih sementara, Rencananya warga diberi kesempatan untuk menanggapi daftar pemilih itu hingga 28 Maret 2017. Setelah itu, KPUD DKI melakukan rekapitulasi DPS hasil perbaikan sebelum mengumumkan DPT pada 7 April. (LS/InewsTV/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00