• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Jelang Pilkada 2018, KPU Sumedang Lakukan Verifikasi Faktual kepada Parpol

20 March
18:07 2017
1 Votes (5)

KBRN, Sumedang  :  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Asep Kurnia mengatakan KPU merupakan bagian dari rakyat untuk menyalurkan aspirasinya dalam proses demokrasi di Indonesia.

"Khususnya di Kabupaten Sumedang, terdapat 12 Partai Politik (Parpol) yang sudah terverifikasi, namun ada beberapa parpol baru yang harus melalui dan mempersiapkan diri untuk menempuh verifikasi faktual," ujarnya kepada RRI, Senin (20/3/2017).

Ia menuturkan, verifikasi terhadap Parpol dilaksanakan secara berjenjang dan ada beberapa yang harus dilalui oleh parpol itu sendiri seperti administrasi parpol, pendaftaran parpol, domisili kantor dan Kepengurusan parpol dimulai dari tingkat ranting kecamatan sampai dengan DPD atau kabupaten.

Teknisnya, lanjut Asep, secara acak KPU akan mendatangi kepada seribu orang narasumber dari parpol itu sendiri kemudian akan di didata terkait keanggotannya dalam partainya. Hal itu dilakukan dalam memenuhi persyaratan verifikasi secara administrasi.

"Oleh sebab itu, KPU Sumedang dapat memastikan lolos sebagai peserta Pemilukada dan legislatif terhadap Parpol yang sudah memenuhi persyaratan verifikasi faktual namun, hal itu harus disertai dengan konsolidasi yang jelas, baik terhadap parpolnya maupun pihak lain,"ucapnya.

Pihaknya berharap seluruh parpol di Kabupaten Sumedang lolos dari verifikasi KPU untuk menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan Pileg di 2019.

"Tantangan parpol kedepan makin berat karena harus mendapatkan perhatian dari rakyat dan mengundang simpati rakyat untuk memperjuangkan aspirasi rakyat itu sendiri," ujarnya.

Ia pun menambahkan, seluruh parpol harus memiliki semangat berkompetisi dengan partai lainnya secara sehat.

Maria Deni, Ketua DPD Perindo Kabupaten Sumedang mengakui meskipun kepengurusan partai tersebut sudah terbentuk di Sumedang, namun masih harus melewati proses verifikasi dari KPU sesuai peraturan perundang-undangan.

"Kini kami telah mempersiapkan verifikasi KPU pada bulan April mendatang dan meyakini akan lolos pada verifikasi faktual dikabupaten sumedang, secara real agar dapat lolos dari verifikasi KPU kabupaten sumedang," tandasnya. (AD/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00