• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SIGAP POLRI

Polres Lumajang Amankan Ribuan Pil Koplo

20 March
17:41 2017
0 Votes (0)

KBRN, Lumajang : Ribuan Pil Koplo yang siap edar digagalkan Reskoba Polres Lumajang Jawa Timur,  jumlahnya sangat fantastis yakni sebanyak 50 ribu pil koplo. 

Suyitno Bin Ambiyah sebagai pengedar narkorba warga jalan A Yani Gg Veteran 4 Lingk.sbr Dandang Rt 03/Rw 18 Ds Kebonsari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Tersangka berhasil diamankan Polres Lumajang berikut barang bukti sebanyak 30 ribu butir pil koplo logo Y, dan 20 ribu pil koplo logo DMP serta uang hasil penjualan 375 ribu, setelah sebelumnya disergap di jalan Desa Selok, Kecamatan Pasirian.

"Selain mengamankan 50 ribu pil koplo, kami juga berhasil mengamankan mobil Expedisi Indo Jaya Daihatsu Grand Max warna putih nopol. P 8815 RC,"ujar Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono SIK kepada awak media, Senin (18/03/2017)

Menurutnya, pelaku ini mengakui sudah memasok pil koplo ini ke Lumajang, jumlah total ada sekitar 130 butir yang sudah beredar di Lumajang.

"Jumlah ini sangat besar dan tentu saja akan banyak generasi muda yang rusak akibat penjualan Pil Koplo ini," kata Kapolres.

Pihak kepolisian akan berusaha maksimal mungkin untuk mengungkap jaringan tersangka Suyitno dan di jual kemana barang-barang haram tersebut.

Dikatakan Kapolres, dari pengakuan tersangaka bahwa ribuan pil koplo akan di edarkan di kecamatan Pasirian. Ia juga mengakui dalam dua bulan sudah empat kali mengirim pesanan pil koplo, kiriman pertama barang bukti terkirim 30 ribu, kiriman kedua sudah terkirim 50 ribu, kiriman ketiga terkirim 50 ribu, dan pengiriman  keempat akan dikirm  50 ribu dengan total empat kali pengiriman mencapai total 180 ribu.

Atas perbuatannya tersebut tersangka dijerat dengan Pasal 197 Sub 196 UURI NO 36 Tahun 2009 tentang kesehatan pidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun.

Maraknya peredaran pil koplo di Lumajang Kapolres  menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten lumajang terutama orang tua untuk memperhatikan pergaulan anak anak nya  karena pil koplo menyasar ke generasi muda sesuai dengan deklarasi yang kita sampaikan di Polres Lumajang bahwa Lumajang menjadi sasaran narkoba dan obat keras berbahaya lainnya.

"Kami memohon kepada orang tua agar selalu berhati-hati dalam mengawasi anaknya, sebab pil koplo ini sengaja digunakan untuk merusak moralitas anak muda di Lumajang, maka dari itu Gerakan Zero Milo Narkobaya terus kita sosialisasikan di kalangan generasi muda," pungkasnya. (KA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00