• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Pacuan Kuda HUT Takengon Mampu Cairkan Suasana Pasca Pilkada

20 March
17:38 2017
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Event pacuan kuda tradisional Gayo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-440 Kota Takengon, yang diselenggarakan 20 hingga 26 Maret 2017, diharapkan dapat kembali mempererat tali silaturahmi masyarakat setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Demikian dikatakan Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, dalam sambutannya saat membuka kegiatan pacuan kuda di arena Haji Muhammad Hasan Gayo, Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Senin (20/03/2017).

Menurutnya, segala ketegangan dan kebekuan selama berlangsungnya tahapan Pilkada lalu harus dapat dicairkan melalu event olahraga, budaya dan pariwisata yang menjadi kebanggaan  masyarakat dataran tinggi Gayo tersebut.

“Karena pada dasarnya Pilkada merupakan pesta demokrasi seluruh rakyat, saatnya semua cerita baik suka dan duka Pilkada kita simpan, kita leburkan dalam pesta rakyat pacuan kuda, yang merupakan warisan dari para leluhur kita,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah Syukuruddin menyebutkan, pacuan kuda diikuti sebanyak 349 ekor kuda berasal dari Kabupaten Gayo Lues, Bener Meriah dan tuan rumah Aceh Tengah.

Dirincikan, hadiah total 299 juta rupiah akan dibagikan kepada kuda-kuda pemenang, yang terbagi dalam 12 kelas atau kategori yang dipertandingkan.

“Tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan Aceh Tengah sebagai salah satu daerah destinasi wisata dan meningkatkan prestasi kuda pacu dari Tiga kabupaten ini agar mampu berbicara banyak, hingga ke tingkat nasional,” katanya.

Ditambahkan Syukuruddin, pelaksanaan pacuan kuda baru dapat dilaksanakan pada akhir bulan maret ini, kendati peringatan hari jadi Takengon jatuh pada pertengahan Februari lalu, karena berbenturan dengan penyelenggaraan pilkada serentak. (FJ/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00