• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

KPK Didesak Umumkan Identitas 14 Anggota DPR yang Mengembalikan Uang Korupsi e-KTP

19 March
18:27 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta :  Direktur Center For Budget Analysis Ucok Sky Khadafi mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengumumkan identitas nama-nama 14 anggota dan mantan anggota DPR yang telah mengembalikan uang  pengadaan proyek e-KTP. Dia menilai akan menjadi preseden buruk apabila KPK tidak mengumumkan kepada publik 14 orang dan mantan anggota DPR yang mengembalikan uang tersebut.

“Paling penting yang harus ditekankan kepada KPK adalah 14 orang tolong dipublikasikan siapa-siapa saja. KPK jangan melindungi. Tolong yang sudah mengembalikan agar dipublikasikan. Iya 14 orang anggota DPR itu siapa saja. Tidak baik menyembunyikan. Itu akan menjadi preseden buruk untuk KPK,” kata Ucok Sky Khadafi, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Minggu (19/3/2017).

Selain itu, Ucok meminta agar mereka yang mengembalikan uang pengadaan proyek e-KTP agar tetap diproses hukum sebagai efek jera sesuai dengan Pasal 4 UU No 31 tahun 1999 tentang Tipikor yang mengatur tentang pengembalian uang negara dari hasil korupsi.

“Tidak bisa bebas dari jeratan hukum. Itu hanya akal-akalan saja. Itu sudah ketahuan dan baru dikembalikan. Pidana tetap dilakukan. Kalau tidak maka tidak ada efek jera. Malah nanti bilang’Ah kita korupsi saja, kalau ketahuan baru dikembalikan,” tegasnya. (Sgd/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00