• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Pisang Abaka di Talaud akan Dipatenkan

18 March
11:13 2017
3 Votes (3.3)

KBRN, Talaud: Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud  menjalin kerjasama dengan Badan Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) di Malang untuk pendampingan observasi pelepasan pisang unggul Abaka .

"Anggaran tahun ini untuk kerjasama program tersebut adalah 200 juta rupiah. Di Talaud itu ada banyak jenis Abaka. Jenis -jenis ini akan dikumpul dan diteliti ,mana yang unggul dan tahan penyakit. Balitas malang telah meneliti dan akan mematenkan bahwa jenis-jenis ini berasal dari Talaud," kata Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Pemkab Kepulauan Talaud Spener Ipu kepada RRI, Sabtu (18/3/2017).

Sementara Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Dirman Gumolung mengatakan, kualitas pisang Abaka di tanah porodisa sama dengan pisang yang ada di Filipina dan Ekuador.

"Abaka yang punya kualitas sama dengan kualitas Abaka di Filipina dan Ekuador itu ada di Talaud. Sekarang kita (Pemda-red) kerjasama dengan Balitas Malang dalam rangka pelepasan varietas atau klon unggul artinya di patenkan bahwa Abaka ini sumbernya dari Talaud, sekarang penelitiannya sedang jalan. Lama penelitian kurang lebih 3 tahun," katanya.

Disisi lain ia mengakui bahwa dalam pengembangan dan pembudidayaan tanaman bernama ilmiah Musa Textilis ini masih terkendala anggaran atau ketersediaan dana.

Ekspektasi kedepan diharapkan pemerintah daerah dapat menyediakan anggaran yang cukup demi menyukseskan program atau riset aset daerah tersebut.

Diketahui Pisang abaka merupakan bahan baku kertas uang dollar terbaik. Di Indonesia, pisang ini tumbuh subur di beranda paling utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tepatnya di Desa Esang, Kecamatan Esang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut). Abaka juga merupakan bahan baku berbagai kertas yang termasuk dalam security papers seperti memiograph, kantong teh celup, dan tisu. Abaka juga dapat dibuat untuk tali kapal ukuran raksasa yang biasa digunakan Kapal Pelni dn juga karpet kualitas terbaik di dunia. (Robert Tamaroba/LS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00